Selasa 20 Jun 2023 02:37 WIB

Merasa Berada di Zona Nyaman? Yuk, Ikuti Pelatihan Ini

Gen Z lebih tertarik meningkatkan kemampuan mereka di bidang public speaking,

Pelatihan public speaking dapat membantu meningkatkan kemampuan diri/ilustrasi.
Foto: Dok. UNM
Pelatihan public speaking dapat membantu meningkatkan kemampuan diri/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Survei Populix pada April 2023 yang diberi judul “Unveiling the Tech Revolution: How Technology Reshapes the Future of Work” mengungkap sebanyak 73 persen responden saat ini bekerja sesuai dengan minat mereka. 

Meski begitu, menurut Co-Founder dan CEO Populix, Timothy Astandu, mereka terus ingin meningkatkan kemampuan mereka di berbagai bidang lainnya agar dapat bersaing dengan kondisi kerja masa depan.

Baca Juga

''Sebanyak delapan dari 10 responden tertarik untuk mengikuti kegiatan yang dapat mendukung pengembangan keahlian seperti public speaking (46 persen), entrepreneurship (45 persen), digital marketing (44 persen), data analysis (42 persen), dan communication skill (40 persen),'' ujarnya dalam siaran pers, Senin (19/6/2023).

Lebih dalam mengenai temuan ini, Gen Z lebih tertarik untuk meningkatkan kemampuan mereka di bidang public speaking, sedangkan milenial dan generasi tua lebih tertarik untuk meningkatkan kemampuan di bidang entrepreneurship.

Untuk mengembangkan kemampuannya responden tidak ragu untuk mencari dan mengikuti pelatihan secara pribadi seperti pelatihan daring (76 persen), pelatihan luring (54 persen), dan pelatihan yang dilakukan oleh komunitas (48 persen).

Ruangguru menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh responden untuk mengikuti berbagai pelatihan (42 persen), diikuti Brainly (32 persen), Canva Design School (30 persen), dan Coursera (22 persen).

Sementara itu, perusahaan juga melakukan berbagai cara untuk meningkatkan kemampuan karyawannya, seperti melakukan pelatihan secara internal (58 persen), menggunakan aplikasi (52 persen), dan vendor training (27 persen).

Menurut survei, beberapa aplikasi pelatihan yang digunakan oleh perusahaan, yakni Ruangguru (44 persen), Brainly (30 persen), dan Canva Design School (28 persen).

Beberapa topik pelatihan yang banyak diminati karyawan pada pelatihan internal adalah public speaking (46 persen), communication skill (41 persen), entrepreneurship (36 persen), data analysis (35 persen), digital marketing (34 persen), dan leadership (32 persen).

Melalui pelatihan karyawan berharap setelahnya dapat mempermudah pekerjaan (78 persen), memperluas koneksi (62 persen), menambah portofolio (57 persen), mendapatkan kenaikan gaji (47 persen) dan mendapatkan promosi jabatan (43 persen).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement