Ahad 18 Jun 2023 16:25 WIB

Spider-Man Baru Ada Muatan LGBT, Cari Tontonan Lain Kalau tak Siap Diskusi Bareng Anak

Spider-Man: Across the Spider-Verse juga menampilkan dukungan untuk anak trans.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Adegan dalam film Spider-Man: Across the Spider-Verse. Film animasi Spider-Man ini menampilkan dukungan untuk anak trans.
Foto: Dok: Sony Pictures
Adegan dalam film Spider-Man: Across the Spider-Verse. Film animasi Spider-Man ini menampilkan dukungan untuk anak trans.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kampanye lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) kerap kali diselipkan dalam karya film laris hingga game online, entah itu secara sepintas ataupun terang-terangan. Terbaru, film Spider-Man: Across the Spider-Verse yang memuat dukungan untuk anak trans lewat tampilan bendera di kamar karakter Gwen Stacy selama tiga detik.

Psikolog pendidikan anak dan remaja, Alfa Restu Mardhika, mengingatkan orang tua harus lebih berhati-hati dengan aktivitas anak di ponsel, termasuk tontonan dan game online. Ketika anak hendak menonton film, pastikan itu sudah sesuai kategori usianya dan bebas dari konten LGBT dan muatan negatif lainnya.

Baca Juga

Jika film yang ditonton bermuatan LGBT, orang tua memang bisa membuka ruang diskusi dengan anak sesuai tahapan umur. Hanya saja, apabila orang tua merasa belum siap, sebaiknya cari film yang lain saja.

"Mendingan cari film lain kalau emang kita masih belum siap mendiskusikannya dengan anak," kata Alfa dari Insight Psikologi di Jakarta Timur.

Menurut Alfa, terkadang orang tua tidak menyadari konten film yang ditonton anak itu betul-betul sesuai dengan umur anak atau tidak. Sering kali, film dilabeli untuk semua umur, tapi juga masih ada adegan kekerasan atau ciuman.

"Penting memperhatikan konten-konten yang kerap ditonton anak, tidak hanya di bioskop, tetapi juga di gawai," ujar Alfa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement