Kamis 15 Jun 2023 12:38 WIB

Warga Paris Bakal Hidup Berdampingan dengan Tikus? Penyakit Ini Paling Mungkin Melanda

Gigitan, cakaran, dan kencing tikus bisa menjadi sumber penyakit.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Seekor tikus melintasi platform kereta bawah tanah (Ilustrasi). Populasi tikus di Paris, Prancis sudah terlalu banyak.
Foto:

Perlu diketahui bahwa demam gigitan tikus bisa menjadi serius atau bahkan mengancam jiwa penderitanya. Diperkirakan, satu dari 10 orang yang mengalami demam gigitan tikus akibat bakteri Streptobacillus moniliformis mengalami kematian.

Oleh karena itu, orang-orang yang mengalami gejala demam gigitan tikus harus segera mencari pertolongan medis. Gejala dan tanda demam gigitan tikus adalah demam, muntah, sakit kepala, dan nyeri otot.

Sekitar lima dari 10 penderita demam gigitan tikus juga dapat mengalami nyeri atau bengkak sendi, dan sekitar tiga dari empat penderita demam gigitan tikus dapat mengalami ruam. Gejala-gejala demam gigitan tikus umumnya muncul dalam waktu tiga hingga 10 hari setelah manusia terinfeksi bakteri.

Masa inkubasi paling lama dari demam gigitan tikus adalah tiga pekan. Bila tak ditangani, demam gigitan tikus bisa memicu sejumlah komplikasi yang lebih berat. Beberapa komplikasi tersebut adalah abses di dalam tubuh, infeksi hati dan ginjal, infeksi pada paru (pneumonia), infeksi pada otak dan sistem saraf (meningitis), dan infeksi pada jantung (endokarditis, miokarditis, atau perikarditis).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement