Kamis 15 Jun 2023 02:57 WIB

Bolehkah Lari Pagi dengan Perut Kosong? Ini Jawabannya

Berlari pada pagi hari tak hanya membuat fisik bugar, tapi juga mental segar.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Seseorang bersiap untuk lari pagi (ilustrasi). Siapa sangka, lari pada pagi hari bermanfaat bagi tubuh.
Foto: www.freepik.com
Seseorang bersiap untuk lari pagi (ilustrasi). Siapa sangka, lari pada pagi hari bermanfaat bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berlari setiap hari adalah salah satu bentuk latihan aerobik yang membantu tubuh tetap bugar. Berlari pada pagi setiap hari tidak hanya membuat Anda bugar secara fisik, tetapi juga membantu Anda tetap segar secara mental.

Ketika tahu bagaimana dan kapan berlari untuk hasil terbaik, Anda pasti akan menikmati manfaat yang dapat diperoleh dari kesehatan Anda secara keseluruhan. Dilansir laman The Health Site, Rabu (14/6/2023), berlari pada pagi hari dengan perut kosong dapat memiliki banyak manfaat kesehatan.

Baca Juga

Berikut ini merupakan tiga manfaat berlari pada pagi hari dengan perut kosong.

1. Pergeseran sumber energi

Saat Anda berlari dengan perut kosong, tubuh Anda membakar lebih banyak lemak daripada otot. Pada dasarnya, saat Anda berlari setelah sarapan, tubuh Anda menggunakan karbohidrat yang tersimpan di otot dan hati.

Tubuh menggunakan ini sebagai sumber energinya. Namun, saat Anda berlari dengan perut kosong, tubuh Anda mencari sumber energi alternatif yang dibutuhkannya, yakni lemak tubuh Anda.

2. Anda membakar lebih banyak lemak

Tanpa sarapan berat, Anda mungkin menyadari bahwa tubuh Anda kekurangan intensitas. Namun, ada manfaatnya. Menurut para ahli, saat Anda jogging atau berlari dengan intensitas rendah, tubuh Anda mendapatkan energi dari lemak daripada karbohidrat.

3. Mempromosikan penurunan berat badan

Karena tubuh Anda menggunakan lemak saat perut kosong, penurunan berat badan adalah salah satu dari banyak manfaat yang dapat Anda nikmati saat Anda berlari tanpa makan pagi yang benar. Latihan aerobik seperti berlari membantu menurunkan berat badan.

Sesuai penelitian, berlari dengan perut kosong berkorelasi dengan peningkatan kinerja dan kebugaran fisik karena efisiensi oksigen tubuh Anda meningkat saat Anda berlari tanpa makan pagi yang benar.

Di sisi lain, ada juga beberapa kekurangan yang patut dibicarakan. Efek samping yang mungkin harus dihadapi tubuh Anda saat Anda berlari dengan perut kosong, yaitu mengurangi intensitas latihan, risiko cedera, dan kehilangan otot.

Pada akhirnya, kesimpulannya adalah jangan pernah memutuskan rutinitas latihan Anda sendiri. Anda harus mengunjungi seorang pelatih, atau seorang ahli sebelum melakukan perubahan apa pun pada rutinitas harian Anda. Ini tidak hanya membantu Anda menjaga tubuh Anda aman dari bahaya kesehatan, tetapi memberi manfaat kesehatan yang optimal.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement