Rabu 07 Jun 2023 23:28 WIB

Ada 100 Siluet Mickey Mouse di Motif Batik Terbaru Iwan Tirta Private Collection

Jenama mode Iwan Tirta Private Collection ikut merayakan 100 tahun Disney.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
jenama mode Iwan Tirta Private Collection menghadirkan motif teranyar bertajuk
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
jenama mode Iwan Tirta Private Collection menghadirkan motif teranyar bertajuk "Merak Sedjoli Disney 100".

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Unsur budaya dan pop culture terkadang dianggap sebagai dua hal yang saling bertolak belakang. Nyatanya, kombinasi dua hal itu tetap menarik disimak, seperti motif batik dengan bentuk salah satu tokoh kartun populer.

Dalam rangka merayakan Disney100, jenama mode Iwan Tirta Private Collection menghadirkan motif teranyar bertajuk "Merak Sedjoli Disney 100". Jika dilihat sekilas, terlihat dua ekor merak berhadap-hadapan, mengembangkan ekor mereka yang indah.

Baca Juga

Akan tetapi, apabila diperhatikan secara saksama, terdapat bentuk kepala dan telinga karakter populer Disney, Mickey Mouse, di seantero gambar tersebut. Bentuk kepala dan telinga Mickey dirangkai sedemikian rupa hingga menyatu dengan merak dan flora yang ada pada motif batik "Merak Sedjoli Disney 100".

Senior marketing Iwan Tirta Private Collection, Rindu Melati Pradnyasmita, menjelaskan bahwa terdapat 100 siluet Mickey Mouse di motif itu. "Kami menyatukan motif batik khas Iwan Tirta dengan siluet Mickey Mouse, untuk desain unik yang merayakan budaya Indonesia bersama 100 tahun Disney," kata Rindu pada konferensi pers Disney100 di Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (7/6/2023).

Dia menjelaskan, "Merak Sedjoli Disney 100" adalah bagian dari motif "Royal Kingdom" besutan Iwan Tirta Private Collection. Dalam batik, merak merupakan lambang ketangguhan, kegigihan, serta simbol bahwa seorang pemimpin harus mampu menjadi teladan bagi orang-orang yang dia pimpin.

Motif itu dipilih karena dianggap sejalan dengan nilai yang diusung Walt Disney Company, yang selama satu abad telah jadi teladan dan inspirasi sejati bagi banyak pihak di industri hiburan. "Merak Sedjoli Disney 100" diaplikasikan pada produk tumbler dan bantal.

Tumbler dengan motif tersebut hadir dalam tiga warna, yaitu electric blue, pink greige, dan purple. Masing-masing hanya tersedia 100 buah. Motif juga diterapkan pada cushion dengan bahan sustainable, yang proses penjahitannya berkolaborasi dengan rumah inspiratif Indonesia yang memberdayakan penyandang difabel.

Iwan Tirta Private Collection juga akan merilis beberapa koleksi lain sepanjang 2023, mencakup busana kasual dan koleksi runway. Terdapat 12 varian busana sehari-hari untuk pria dan wanita, juga 12 tampilan koleksi runway untuk pria dan wanita.

Sebagai brand, Rindu mengatakan Iwan Tirta Private Collection selalu berusaha menghadirkan koleksi fesyen dengan mengikuti tren yang ada, baik itu terkait bahan kain, gaya, maupun komposisi motif. Tujuannya, supaya produk yang ada tetap relevan dengan konsumen.

"Kata kunci kami adalah inovasi dan relevansi. Bukan sekadar memakai baju, tapi lewat motif juga bisa menyampaikan pesan-pesan kebaikan," ujar Rindu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement