Selasa 06 Jun 2023 20:13 WIB

Cara Kelola ADHD untuk Orang Dewasa, Emma Watson dan Justin Timberlake Mengalaminya

ADHD juga dapat mengusik di usia dewasa.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Aktris Harry Potter Emma Watson merupakan salah satu penyandang ADHD.
Foto: EW
Aktris Harry Potter Emma Watson merupakan salah satu penyandang ADHD.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga bisa bergelut dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas atau ADHD. Selebritas dunia seperti Emma Watson dan Justin Timberlake merupakan termasuk orang dewasa yang bergelut dengan ADHD.

Bila tak ditangani dengan baik, kondisi ADHD bisa memengaruhi berbagai aspek kehidupan, seperti karier hingga hubungan antarmanusia. Dampak buruk pada berbagai aspek kehidupan tersebut bisa timbul karena ADHD dapat memunculkan sejumlah kesulitan bagi penderitanya.

Baca Juga

Sebagian dari kesulitan tersebut adalah sulit fokus dan mengorganisasi, mudah lupa, dan tak bisa mengontrol impuls atau hasrat. Salah satu cara mengelola ADHD adalah dengan menjalani terapi. Menurut Mayo Clinic, terapi standar untuk ADHD pada orang dewasa biasanya melibatkan obat-obatan, edukasi, latihan keterampilan, dan konseling psikologis.

"Kombinasi (dari terapi-terapi) ini sering kali menjadi terapi yang paling efektif," ungkap Mayo Clinic melalui laman resminya, Selasa (6/6/2023).

Selain menjalani terapi, beberapa strategi self care juga bisa membantu orang dewasa mengelola kondisi ADHD mereka. Berikut ini adalah empat strategi di antaranya, menurut rekomendasi Attention Deficit Disorder Association atau ADDA.

Gaya Hidup Sehat

Menjalani olahraga secara rutin dapat membantu menyeimbangkan agresi dan energi berlebih. Di samping itu, menerapkan pola makan yang sehat dan mengontrol asupan gula bisa membantu mengelola mood swing yang kerap dialami oleh orang dewasa dengan ADHD.

Penerapan gaya hidup sehat juga bisa membantu memperbaiki fokus dan produktivitas penderita ADHD dewasa. Salah satunya adalah dengan menjaga kualitas dan kecukupan tidur, selama tujuh hingga delapan jam per malam.

Perbaiki Keterampilan Mengelola Waktu

Buat tenggat waktu untuk setiap tugas yang harus dikerjakan, termasuk tugas kecil. Pakai alarm dan fitur timer pada jam ponsel sebagai pengingat tenggat waktu tersebut. Jangan lupa untuk menyediakan jeda istirahat secara berkala dan urutkan tugas berdasarkan prioritas waktu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement