Selasa 06 Jun 2023 15:30 WIB

Derita ADHD, 5 Artis Ini Buktikan Tetap Bisa Berkarya

Beberapa artis dengan ADHD memiliki kemampuan luar biasa mmengatasi tantangan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Justin Timberlake. Dia merupakan salah satu artis yang mengalami ADHD dan membuktikan ADHD bukan hambatan untuk berkarya.
Foto: EPA
Justin Timberlake. Dia merupakan salah satu artis yang mengalami ADHD dan membuktikan ADHD bukan hambatan untuk berkarya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah gangguan perkembangan saraf yang ditandai dengan gejala, seperti kesulitan mempertahankan perhatian, hiperaktif, dan impulsif. ADHD memengaruhi anak-anak dan orang dewasa.

Meskipun dapat menimbulkan tantangan, penting untuk diingat bahwa individu dengan ADHD memiliki kekuatan dan bakat yang dapat mendorong mereka menuju kesuksesan. Dilansir laman Sports Keeda Selasa (6/6/2023), ada beberapa selebritas dengan ADHD yang tidak hanya dikenal karena bakat dan ketenarannya, tetapi juga karena kemampuannya yang luar biasa untuk mengatasi tantangan. Mereka di antaranya Justin Timberlake, Emma Watson, Michael Phelps, Channing Tatum, dan Solange Knowles.

Baca Juga

Berikut ini kisahnya:

1. Justin Timberlake

Justin Timberlake secara terbuka mendiskusikan diagnosis ADHD-nya. Dia telah berbicara tentang bagaimana hal itu memengaruhi kemampuannya untuk fokus dan tetap teratur.

Namun, dia juga menyoroti bagaimana ADHD telah memicu kreativitasnya dan membuatnya berpikir dari sudut pandang berbeda. Timberlake telah menggunakan pengalamannya untuk menginspirasi orang lain dengan ADHD dan mendorong mereka untuk merangkul bakat unik mereka.

2. Emma Watson

Emma Watson yang terkenal karena perannya sebagai Hermione Granger dalam seri film Harry Potter, sangat vokal tentang diagnosis ADHD-nya. Dia telah berbicara tentang tantangan yang dihadapi saat tumbuh dewasa dan bagaimana dia belajar mengelola gejalanya.

Watson telah menjadi penganjur kesehatan mental dan telah menggunakan platformnya untuk meningkatkan kesadaran tentang ADHD dan mempromosikan pemahaman serta penerimaan yang lebih besar terhadap keragaman saraf.

3. Michael Phelps

Michael Phelps merupakan salah satu atlet Olimpiade paling berprestasi sepanjang masa. Phelps telah mencapai kesuksesan luar biasa dalam renang meskipun didiagnosis ADHD.

Dia terbuka tentang perjuangannya dengan perhatian dan hiperaktif, tetapi telah menemukan cara untuk menyalurkan energinya dan mempertahankan fokus di kolam renang. Phelps juga telah menjadi inspirasi bagi banyak individu, atlet, dan bahkan selebritas penderita ADHD. Pria bernama lengkap Michael Fred Phelps II ini menunjukkan bahwa dengan tekad, kerja keras, dan dukungan yang tepat, seseorang dapat unggul dalam bidang pilihannya.

4. Channing Tatum

Aktor dan penari populer Channing Tatum telah berbagi pengalamannya dengan ADHD dan bagaimana hal itu membentuk hidupnya. Dia telah membahas tantangan untuk tetap fokus dan terorganisasi, tetapi juga menyoroti kekuatan yang datang dengan ADHD, seperti kreativitas dan spontanitas yang meningkat. Tatum telah menggunakan platformnya untuk meningkatkan kesadaran tentang ADHD dan mendorong orang lain untuk merangkul perbedaan mereka dan mengejar semangat mereka.

5. Solange Knowles

Solange Knowles merupakan seorang penyanyi, penulis lagu, dan aktris. Dia terbuka tentang diagnosis ADHD-nya.

Knowles telah berbicara tentang perjalanannya dengan gangguan tersebut dan dampaknya terhadap hidupnya. Adik dari penyanyi Beyonce Knowles ini telah membahas pentingnya perawatan diri, terapi, dan menemukan strategi untuk mengelola gejalanya secara efektif. Dengan berbagi pengalamannya, dia telah menjadi panutan bagi individu serta bahkan selebritas penderita ADHD, menekankan pentingnya penerimaan diri, dan mencari dukungan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement