Selasa 06 Jun 2023 19:39 WIB

Warganet Percaya Mandi Saat Masih Berkeringat Berbahaya, Ini Kata Dokter

Mandi saat tubuh masih berkeringat setelah olahraga disebut bahayakan kesehatan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Shower (ilustrasi). Mandi setelah berolahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.
Foto:

Sebuah survei pada 2013 terhadap literatur medis menunjukkan bahwa efek berendam di air panas setelah berolahraga masih belum jelas. Sebaliknya, manfaat berendam dalam air dingin setelah olahraga tampaknya memberikan manfaat pemulihan yang jelas, meskipun dapat menyebabkan peningkatan kekuatan dan massa otot yang lebih rendah.

Berdasarkan penelitian lain yang tersedia yang disebutkan dalam survei pada 2013, mandi air dingin dan berendam air dingin tampaknya memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Namun, langsung mandi air dingin setelah berolahraga dapat menyebabkan otot-otot menjadi kaku atau detak jantung menjadi lebih cepat.

Untuk hasil terbaik, mulailah mandi dengan air hangat setelah mendinginkan tubuh dengan melakukan peregangan dan olahraga ringan. Menjelang akhir mandi, siramkan air dingin ke tubuh untuk menyelesaikan rutinitas pendinginan.

Sebuah studi terpercaya yang dilakukan terhadap lebih dari 300 orang menunjukkan bahwa mandi yang dimulai dengan air hangat dan diakhiri kucuran air dingin selama 30 hingga 90 detik, secara signifikan mengurangi jumlah hari sakit yang mereka gunakan di tempat kerja.

https://www.healthline.com/health/shower-after-workout#hot-or-cold-shower

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement