Selasa 06 Jun 2023 14:43 WIB

Urutan Film Multiverse Saga Dinilai tak Masuk Akal, Doctor Strange 2 Jadi Biang Keladi?

Doctor Strange 2 diposisikan menjadi sumber masalah besar.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Multiverse Saga (ilustrasi). Urutan film Multiverse Saga dinilai tak masuk akal.
Foto: Marvel
Multiverse Saga (ilustrasi). Urutan film Multiverse Saga dinilai tak masuk akal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deretan film Marvel Cinematic Universe (MCU) terus bergulir. Setelah Black Panther: Wakanda Forever menutup fase keempat MCU akhir tahun lalu, kini fase kelima sudah dimulai dengan sinema Ant-Man and the Wasp: Quantumania.

Para penggemar mungkin bersemangat menantikan berbagai tayangan berikutnya, baik itu film layar lebar maupun serial. Akan tetapi, sejumlah kritikus menyoroti bahwa jadwal rilis Multiverse Saga ke depan yang sudah diumumkan, memiliki urutan yang sangat aneh.

Baca Juga

Dikutip dari laman Screen Rant, Selasa (6/6/2023), fase lima dan enam MCU akan berujung pada Avengers: The Kang Dynasty dan Avengers: Secret Wars. Keduanya diharapkan menampilkan semua jenis krisis multiverse. Namun, jadwal rilisnya dinilai tak padu jika mempertimbangkan titik akhir itu.

Seperti yang terlihat di fase empat MCU, Doctor Strange in the Multiverse of Madness diposisikan menjadi sumber masalah besar bagi keseluruhan Multiverse Saga. Konflik di film itu sudah dimulai sejak Spider-Man: No Way Home dan serial "Loki".

 

Awalnya, seolah Doctor Strange akan ditetapkan jadi tokoh sentral, seperti Iron Man di Infinity Saga. Namun, dia sudah cukup absen dari MCU sejak sekuelnya, mungkin membantu Clea untuk konflik lain, seperti yang ada dalam adegan pascakredit.

Terlepas dari itu, tidak ada tanda atau petunjuk berikutnya mengenai posisi "Master of the Mystic Arts" tersebut di Multiverse Saga. Sementara, Ant-Man and the Wasp: Quantumania disebut bakal jadi prolog langsung untuk film Avengers: The Kang Dynasty.

Secara resmi, film itu memperkenalkan Kang the Conqueror (Jonathan Majors), yang sudah bermula di Loki. Ancaman Kang dan para varian dirinya dengan jumlah tak terhitung jelas dikisahkan di film itu. Namun, orang-orang berargumen bahwa Quantumania dirilis terlalu dini.

Hal itu mengingat Avengers: The Kang Dynasty baru akan tayang pada 2025. Demikian pula, tidak banyak film dan serial di antara kedua film tersebut yang tampaknya secara inheren berfokus pada multiverse.

Sebut saja Captain America: New World Order, Blade, dan Thunderbolt. Ada pertanyaan terkait bagaimana Marvel akan mempertahankan fokus di Multiverse Saga hingga 2025. Saat ini, sudah ada beberapa proyek MCU yang sudah dinantikan.

Salah satunya adalah musim kedua serial "Loki" yang dikonfirmasi tayang pada 6 Oktober 2023. Selain itu, ada Deadpool 3 pada 2024, yang dilaporkan akan berfokus pada multiverse dan juga akan menampilkan Agen Mobius (Owen Wilson).

Di luar kedua proyek tersebut, tidak jelas apakah ada film atau acara lain yang memiliki koneksi langsung untuk menyoroti konflik utama Multiverse Saga. Banyak pihak merasa masih ada elemen yang belum diketahui tentang apa yang dikerjakan Marvel Studios secara naratif.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement