Selasa 06 Jun 2023 04:47 WIB

Minum Kopi Pagi Hari? Ini 5 Aktivitas yang ‘Wajib’ Dilakukan Sebelumnya

Mengonsumsi sarapan seimbang sebelum kopi memberikan nutrisi dan energi penting.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Kopi pada pagi hari (ilustrasi). Setidaknya ada  5 hal yang perlu Anda lakukan terlebih dulu sebelum minum kopi pada pagi hari.
Foto: www.pixabay.com
Kopi pada pagi hari (ilustrasi). Setidaknya ada 5 hal yang perlu Anda lakukan terlebih dulu sebelum minum kopi pada pagi hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menyeruput kopi pada waktu pagi untuk memulai hari tampaknya merupakan ide bagus. Namun para ahli mengatakan, mungkin ada manfaat kesehatan tertentu untuk menunda meminum kopi pada pagi hari sampai Anda melakukan beberapa hal lain terlebih dahulu.

Berikut ini adalah lima hal yang harus Anda lakukan sebelum minum secangkir kopi pertama pada pagi hari:

Baca Juga

1. Konsumsi sarapan bergizi

Konsultan fisik dan medis klinis untuk Welz, James Walker, mengatakan, mengonsumsi sarapan seimbang sebelum kopi memberikan nutrisi dan energi penting, menstabilkan kadar gula darah, mendukung fungsi kognitif, dan membantu menghindari potensi ketidaknyamanan pencernaan yang mungkin dialami beberapa orang saat perut kosong.

Seorang penulis kontributor di Assisted Living, Nancy Mitchell, mengatakan sangat penting untuk sarapan sebelum minum kopi jika Anda menderita radang usus. Kondisi peradangan seperti gastritis membuat lapisan usus sensitif terhadap makanan asam. Menurut dia, ini dapat menyebabkan perut kembung dan tidak nyaman.

2. Minum air

“Memulai hari Anda dengan air membantu merehidrasi tubuh Anda setelah tidur, memulai metabolisme Anda, membantu pencernaan, dan mencegah dehidrasi yang disebabkan oleh efek diuretik kopi,” kata Walker dilansir laman Best Life, Senin (5/6/2023). Pakar Mayo Clinic mengatakan, pria harus mengusahakan 15,5 gelas air setiap hari, sementara wanita membutuhkan 11,5 gelas air setiap hari untuk hidrasi yang optimal.

3. Gerakkan tubuh

Walker mengungkapkan, berolahraga sebelum minum kopi dapat meningkatkan sirkulasi, meningkatkan suasana hati, dan berpotensi meningkatkan efek pembakaran lemak dengan memanfaatkan simpanan energi tubuh secara lebih efisien.

Ahli gizi diet terdaftar di situs web Health Canal, Cesar Sauza, mengatakan, berolahraga sebelum minum kopi dapat menghilangkan kebutuhan untuk minum kopi sama sekali. “Aktivitas fisik pagi meningkatkan tingkat energi dan fokus untuk sisa hari itu, jadi mengganti secangkir kopi dengan aktivitas fisik dapat membantu mengurangi asupan kafein Anda,” kata Sauza.

4. Sikat gigi 

Walker menganjurkan menyikat gigi sebelum minum kopi untuk menghilangkan plak dan bakteri, mengurangi risiko pewarnaan gigi terkait kopi. “Menunggu beberapa saat setelah menyikat memungkinkan efek perlindungan dari pasta gigi bekerja,” ujarnya.

5. Pertimbangkan obat-obatan Anda dan kondisi yang mendasarinya

Jika Anda minum obat apa pun pada pagi hari, Anda harus berdiskusi dengan dokter apakah obat tersebut dapat berinteraksi dengan kopi atau kafein. Seorang dokter bersertifikat di Naturopathic Endocrinology dan pendiri Natural Endocrinology Specialists (NES), Linda Khoshaba, mengatakan ini sangat penting untuk obat yang digunakan untuk mengobati kondisi tiroid atau diabetes.

“Misalnya, levothyroxine, obat umum untuk hipotiroidisme, harus diminum saat perut kosong dan diikuti dengan menunggu 30 menit hingga satu jam sebelum makan atau minum apa pun selain air,” kata Khoshaba.

Penting juga untuk bertanya kepada dokter Anda tentang bagaimana kafein dapat memengaruhi aspek lain dari rutinitas perawatan kesehatan Anda. Misalnya, jika Anda menderita diabetes atau kondisi lain yang memengaruhi gula darah, penting untuk memeriksa kadar Anda di pagi hari. "Kafein dapat berdampak pada kadar gula darah, dan pemantauan dapat membantu mengelola efek potensial apa pun,” ujar Khoshaba.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement