Senin 29 May 2023 09:37 WIB

Buat Es Kopi di Rumah, Kesalahan Ini Bisa Bikin Rasanya tidak Seenak Buatan Barista

Barista berbagi tips cara membuat es kopi enak.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Es kopi susu (Ilustrasi). Biji kopi berkualitas adalah faktor kunci yang membuat es kopi Vietnam menjadi enak.
Foto: Pixabay
Es kopi susu (Ilustrasi). Biji kopi berkualitas adalah faktor kunci yang membuat es kopi Vietnam menjadi enak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyeruput es kopi favorit di kedai kopi memang terasa menyenangkan. Pasalnya, racikan kopi yang pas dan lezat bisa memberikan kesegaran serta membangkitkan energi tubuh.

Berbicara soal racikan es kopi, Anda mungkin pernah bertanya-tanya mengapa ketika membuat es kopi sendiri di rumah rasanya tidak pernah seenak kopi di kedai? Kali ini, para barista dari berbagai belahan dunia akan mengungkap beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan seseorang saat membuat es kopi di rumah.

Baca Juga

1. Biji kopi yang tidak berkualitas

Tuan Huynh, pemilik Vietfive Coffee di Chicago AS, mengatakan bahwa biji kopi adalah faktor kunci yang membuat es kopi Vietnam menjadi enak. Dia hanya menggunakan biji kopi robusta dengan tingkat keasaman lebih rendah, yang mengandung lebih dari dua kali lipat kafein dibandingkan biji kopi arabika.

 

"Biji kopi robusta memiliki rasa yang bold, tidak terlalu kuat, dan populer di seluruh dunia karena rasanya yang nutty dan earthy," kata Huynh, seperti dikutip dari Huffington Post, Senin (29/5/2023).

Meskipun Huynh merupakan penggemar robusta, jika Anda ingin bereksperimen dengan jenis kopi lain juga tidak masalah. Hanya saja, para ahli menyarankan untuk membeli biji kopi yang berada di puncak cita rasa.

"Biji kopi yang terbaik antara satu hingga tiga pekan setelah tanggal disangrai atau dipanggang," jelas Jimmy Evans, manajer merek dan penjualan di Artisti Coffee Roasters.

2. Jangan pakai kopi bubuk

Para ahli menyarankan untuk jangan pernah menggunakan kopi bubuk. Sebagai gantinya, gilinglah biji kopi dengan coffee grinder (mesin penggiling kopi) untuk menghaluskannya ketika akan menyeduh.

Tidak punya grinder di rumah? Jika Anda rutin minum kopi, mungkin ada baiknya mempertimbangkan untuk memiliki alat penggiling kopi.

"Berinvestasi dalam peralatan berkualitas untuk rumah adalah suatu keharusan. Untuk hasil gilingan terbaik, flat burr grinder berkualitas tinggi akan memberikan Anda kemampuan untuk mendapatkan keasaman dan rasa manis terbaik dari kopi," kata Evans.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement