Senin 05 Jun 2023 19:23 WIB

Spider-Man: Across the Spider-Verse Kantongi Pendapatan Terbesar Kedua Setelah Mario Bros

Spider-Man: Across the Spider-Verse menunjukkan performa prima pada hari pertama.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Spider-Man: Across The Spider-Verse. Film ini menjadi film dengan pendapatan hari pertama terbesar kedua tahun ini.
Foto: Sony Pictures Releasing/Marvel
Salah satu adegan di film Spider-Man: Across The Spider-Verse. Film ini menjadi film dengan pendapatan hari pertama terbesar kedua tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film animasi Spider-Man: Across the Spider-Verse berhasil meraup keuntungan sebesar 51 juta dolar AS atau sekitar Rp 758,5 miliar pada hari pertama penayangannya. Perolehan tersebut menjadikan Spider-Man: Across the Spider-Verse sebagai film dengan pendapatan hari pertama terbesar kedua pada tahun ini.

Pencapaian Spider-Man: Across the Spider-Verse hanya berhasil dilampaui oleh film animasi The Super Mario Bros Movie. Film ini berhasil mengantongi pendapatan sekitar 66,4 juta dolar AS atau Rp 987,56 miliar dari hari pertama penayangannya.

Baca Juga

Jumlah pendapatan Spider-Man: Across the Spider-Verse pada hari pertama juga 241 persen lebih tinggi dibandingkan dengan pendapatan film pendahulunya, Spider-Man: Into the Spider-Verse. Film animasi pertama dari waralaba Spider-Verse ini memperoleh pendapatan sebesar 35 juta dolar AS atau sekitar Rp 520,6 miliar pada hari penayangan perdananya.

Film Spider-Man: Into the Spider-Verse memperoleh pendapatan domestik total sebesar 190 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,8 triliun dan pendapatan global sebesar 384 juta dolar AS atau sekitar Rp 5,7 triliun. Sekilas, pendapatan film ini mungkin tampak tak terlalu besar. Namun perlu diketahui bahwa biaya produksi Spider-Man: Into the Spider-Verse jauh lebih rendah dibandingkan film animasi blockbuster lain.

 

Akan tetapi, Sony tampak memiliki keyakinan besar pada Spider-Man: Across the Spider-Verse dan menggelontorkan dana produksi yang lebih tinggi untuk film tersebut. Berdasarkan laporan, film Spider-Man: Across the Spider-Verse diproduksi dengan biaya yang sama dengan The Mario Bros Movie, yaitu sekitar 100 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,49 triliun.

Keyakinan Sony tampaknya berbuah manis. Spider-Man: Across the Spider-Verse berhasil menunjukkan performa yang prima pada hari pertama penayangannya. Film ini juga mendapatkan respons yang positif, baik dari penonton maupun kritikus film.

"Ini bukan hanya menjadi film terbaik 2023 dan salah satu film animasi terbaik dalam beberapa tahun ke belakang, tetapi juga menjadi salah satu film superhero terbaik sepanjang masa," ungkap kritikus film dari Collider, Ross Bonaime, seperti dilansir Collider per Senin (5/6/2023).

Film Spider-Man: Across the Spider-Verse semula diprediksi akan memperoleh pendapatan sebesar 80 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,19 triliun di pekan pertama penayangannya. Namun dengan kesuksesannya saat ini, Spider-Man: Across the Spider-Verse diprediksi bisa mengantongi pendapatan sebesar 120,5 juta dolar atau sekitar Rp 1,79 triliun di pekan pertama.

Film yang dirilis perdana pada 31 Mei 2023 ini berkisah mengenai petualangan Miles Morales melintasi dunia Multiverse. Perjalanan ini membawa Morales bertemu dengan banyak Spider-Man dari berbagai semesta. Ketika para pahlawan ini saling berselisih tentang cara menangani ancaman, Morales harus menemukan kembali makna menjadi seorang pahlawan.

Film ini dibintangi oleh sejumlah pengisi suara yang sama seperti film pertama, yaitu Shameik Moore sebagai Miles Morales, Hailee Steinfeld sebagai Gwen Stacy, dan Jake Johnson sebagai Peter B Parker. Selain itu, film ini juga menghadirkan karakter baru seperti Miguel O'Hara (Oscar Isaac), Jessica Drew (Issa Rae), Spider-Man India (Karan Soni), dan Spider-Punk (Daniel Kaluuya).

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement