Senin 05 Jun 2023 16:12 WIB

Jangan Simpan Sampah di 5 Area Rumah Ini, Bisa Cepat Busuk dan Tambah Bau

Ternyata tidak semua area di rumah aman untuk menyimpan tempat sampah.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Tempat sampah (ilustrasi). Ada beberapa area di rumah yang sebaiknya tak digunakan untuk menyimpan sampah.
Foto: Mgrol101
Tempat sampah (ilustrasi). Ada beberapa area di rumah yang sebaiknya tak digunakan untuk menyimpan sampah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam menjaga kebersihan rumah, salah satu upaya yang perlu diperhatikan yaitu penyimpanan sampah. Apakah Anda tahu, ternyata tidak semua area aman untuk menyimpan tempat sampah.

Berikut ini lima tempat yang sebaiknya tidak dijadikan sebagai area menyimpan sampah, seperti dikutip dari laman Best Life, Jumat (2/6/2023):

Baca Juga

1. Di bawah wastafel dapur

Banyak orang menyimpan sampah mereka di dapur karena dianggap lebih nyaman. Namun untuk mengurangi bau dan mencegah tampilan yang tidak sedap dipandang, sebagian dari kita lebih suka menyimpan tong sampah ini di ruang kabinet yang tidak terpakai, seperti di bawah wastafel dapur.

Pendiri Mr Kitchen Faucets, Matt Hagens, menyarankan agar hal tersebut tidak dilakukan lagi. Area tersebut memang bisa dibilang klasik alias banyak orang melakukannya.

“Area itu seperti rapi dan praktis, bukan? Tapi, izinkan saya memberi tahu Anda, ini adalah zona bencana potensial," kata dia.

Pipa-pipa wastafel memiliki potensi untuk membuat kebocoran. Alhasil tempat sampah bisa basah kuyup, membuat tempat itu mengundang hama.

2. Di sebelah mesin pencuci piring

Menurut Jay Sanders, kontraktor rumah dan pemilik perusahaan renovasi rumah Castle Dream Basement Waterproofing yang berbasis di Baltimore, Anda sebaiknya tidak menyimpan sampah di samping mesin pencuci piring. Ternyata, kelembapan dan panas yang berasal dari mesin pencuci piring dan meresap ke dalam sampah, dapat menimbulkan bahaya kesehatan.

"Menyimpan sampah Anda di lingkungan yang lembap dan hangat adalah tempat berkembang biaknya jamur dan lumut," kata Sanders.

3. Di dekat AC

Seorang pembersih profesional dan manajer konten untuk CleanersAdvisor, Ahmad Jamal, mengatakan salah satu kesalahan terbesar pemilik rumah adalah meninggalkan sampah di dekat AC. "Hal ini dapat menyebabkan bau tidak sedap yang berpotensi mengalir dari tempat sampah ke seluruh rumah melalui sistem ventilasi," kata Jamal.

4. Di dalam dapur

Meskipun Anda mungkin tidak pernah mempertimbangkan untuk menyimpan sampah di dapur, Hagens mengatakan banyak orang benar-benar memilihnya sebagai tempat penyimpanan rahasia untuk tempat sampah mereka.

Sayangnya, itu bukan ide yang cemerlang. Pantri adalah untuk makanan, bukan bau busuk yang merembes ke makanan sarapan.

“Itu bisa jadi daya pikat untuk serangga yang tertarik pada sisa makanan dan Anda sedang menatap sebuah pantri yang berubah menjadi motel serangga. Gambaran yang tidak menyenangkan, bukan?,” kata dia.

5. Area dengan sinar matahari langsung

Jika Anda berpikir untuk menyimpan tempat sampah di sudut kosong mana pun, pastikan saja area itu tidak berada di dekat jendela. Ahli kebersihan dan pendiri perusahaan rumah tangga Muffetta's Domestic Assistants, Muffetta Krueger, mengatakan menyimpan sampah di tempat yang terkena sinar matahari langsung dapat dengan mudah mempercepat proses pembusukan.

"Hal ini dapat menyebabkan pelepasan bau busuk dan menarik lalat dan hama lainnya," kata Krueger. Selain itu, panas yang berlebihan dapat menyebabkan kantong sampah pecah atau bocor, menyebabkan masalah lebih lanjut dan potensi kontaminasi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement