Rabu 31 May 2023 08:56 WIB

Cek Berat Badan, Kapan Waktu Terbaik untuk Naik ke Timbangan?

Berat badan tidak perlu ditimbang setiap hari.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Menimbang berat badan (ilustrasi). Waktu yang tepat untuk memeriksa berat badan Anda adalah di pagi hari setelah buang air besar.
Foto:

Namun, Ria mengatakan, penting diingat bahwa berat badan di pagi hari bergantung pada setiap orang. Bagi orang normal yang berolahraga 45 menit hingga satu jam setiap hari, biasanya lebih sedikit di malam hari karena sudah termasuk berat makanan dan air.

"Atlet atau mereka yang aktif secara fisik biasanya memiliki berat badan yang lebih rendah di malam hari dibandingkan di pagi hari. Tapi berat sebenarnya tetap di pagi hari," ucapnya.

Dilansir Indian Express, Rabu (31/5/2023), Ria menyarankan meskipun pagi hari menjadi waktu yang ideal untuk menimbang berat badan, tapi Anda tidak perlu mengeceknya setiap hari.

"Sekali dalam sebulan, saat perut kosong, itu yang terbaik. Namun, jika Anda terlalu penasaran, sepekan sekali juga tidak apa-apa," kata Ria.

Ingatlah bahwa berat badan dapat berfluktuasi tergantung pada apa yang Anda makan pada hari sebelumnya. Jumlah air yang diminum sepanjang hari, obat baru, dan tingkat aktivitas fisik juga berpengaruh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement