Senin 29 May 2023 12:44 WIB

Sulit Turunkan Berat Badan? Coba Dulu Dua Metode Ini

Berat badan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Berat badan tidak turun meski sudah diet (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Berat badan tidak turun meski sudah diet (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Bagi sebagian orang menjaga berat badan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Namun, bagi sebagian lainnya, ini menjadi beban tersendiri.

Menurut spesialis gizi klinik Eka Hospital BSD, Dr. Oki Yonathan O, SpGK, ada orang yang memiliki kemampuan menurunkan berat badan namun sulit untuk menaikkannya. Namun ada juga yang sebaliknya ketika seseorang sulit untuk menurunkan berat badan dan tidak memiliki kesulitan dalam menaikkannya.

Baca Juga

Berat badan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari asupan makanan, gaya hidup, hingga genetik. Jika tidak dijaga dan dikelola dengan baik, berat badan Anda bisa saja menyebabkan masalah seperti obesitas, yang merupakan masalah kesehatan yang cukup umum di masyarakat.

Namun menurunkan berat badan dengan ekstrem juga memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan tubuh Anda. Beberapa masalah seperti malnutrisi yang merupakan masalah yang cukup serius.

"Oleh karena itu dalam menjaga berat badan, ada banyak hal yang perlu Anda ketahui serta pelajari agar mendapatkan hasil yang maksimal, salah satunya melalui weight loss management dan mindful eating," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id.

Istilah weight loss management merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan cara menjaga kesehatan berat badan serta memastikan berat badan Anda berada dalam keadaan yang proporsional. Biasanya hal ini lebih bersifat fisik atau hal-hal yang dapat Anda praktikkan secara langsung.

Sedangkan mindful eating dapat membantu mengubah pandangan Anda terhadap makanan serta pada saat menikmati makanan. Hal ini akan mempengaruhi psikologis serta bagaimana Anda memandang makanan. 

Dengan menggabungkan kedua hal tersebut, Anda bisa menjaga berat badan Anda dengan baik selagi menjaga kesehatan fisik dan mental Anda. Adapun beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan dalam melakukan weight loss management dan mindful eating, seperti dapat lebih menikmati makanan, menjaga berat badan, mencegah obesitas, menurunkan risiko masalah kesehatan dan menjaga kesehatan mental.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement