Ahad 28 May 2023 17:00 WIB

Lupakan UTBK, Kini Waktunya Geser Fokus ke Seleksi Mandiri PTN

UTBK-SNBT gelombang dua berakhir hari ini, Ahad (28/5/2023).

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Peserta mengikuti UTBK-SNBT 2023 di Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta, Senin (8/5/2023). Setelah selesai UTBK, peserta sebaiknya melupakan tesnya dan segera beralih fokus untuk mempersiapkan diri menghadapai seleksi jalur mandiri perguruan tinggi negeri.
Foto:

Bersiap UTBK-SNBT dari Kelas 10

Didin mengatakan persiapan ujian masuk universitas sebaiknya sudah dilakukan sejak kelas 10 SMA, bahkan dari SMP. Jadi, materi sudah dipelajari betul tanpa perlu ikut les atau bimbingan belajar.

"Idealnya, persiapan masuk kuliah, baik PTN, perguruan tinggi luar negeri (PTLN), atau kemana pun, sudah disiapkan sejak awal, yaitu ketika masuk SMA, yakni kelas 10. Nggak perlu ikut les atau bimbel, yang penting untuk persiapan ujian maksimalkan fasilitas pembelajaran di sekolah saja," ucap Didin.

Bagi Didin, les atau bimbel ini fungsinya seperti suplemen, yaitu pelengkap materi yang diajarkan di sekolah. Jika setiap siswa sudah memaksimalkan pembelajaran dari sekolah, maka penguasaan konsep, penguasaan materi, dan lainnya hanya perlu sedikit dilengkapi dengan tambahan lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement