Ahad 28 May 2023 13:00 WIB

Child Free Hingga Kulineran Termasuk 6 Faktor Risiko Kanker Ovarium

Kenali faktor risiko kanker ovarium.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu hamil (Ilustrasi). Perempuan yang tidak punya anak atau memilih child free, memiliki bahaya pada ovarium, payudara, dan organ reproduksinya.
Foto:

Riwayat kanker ovarium pada keluarga

Untuk menjadi kanker itu butuh namanya multi-hit atau berkali-kali mutasi. Sebagai contoh, dr Toto menjelaskan, ketika seorang ibu mengalami kanker ovarium, artinya dia sudah mengalami lima kali mutasi di dalam tubuhnya.

Ketika ibu ini baru mengalami tiga kali mutasi, maka dia tidak terkena kanker ovarium. Lalu, anak perempuan keturunannya mewarisi dua kali mutasi sebelum terkena kanker ovarium.

Gaya hidup buruk

Dr Toto mengatakan konsumsi makanan yang mengandung banyak bahan kimia, rokok, dan lain-lain dapat membahayakan tubuh.

"Tolong ini menjadi catatan masing-masing. Jangan biasakan wisata kuliner yang tak yakin makanannya sehat," kata dia.

Riwayat kista endometriosis

Endometriosis merupakan suatu penyakit di mana jaringan endometrium (lapisan dalam dari rongga rahim) berada di luar rongga rahim. Andaikan tumbuhnya di dalam indung telur, maka itu akan membuat kista endometriosis.

Karena jaringan endometrium tadi memproduksi darah haid, darah haidnya tak bisa ke mana-mana. Ketika terkumpul, maka lama-lama menjadi asal-usul kanker endometrium.

Mutasi genetik

Ketika seorang perempuan memiliki riwayat kanker payudara, maka dia berpotensi kena kanker ovarium karena satu jalur. Bagaimana menurunkan faktor risiko kanker ovarium? Dr Toto menyarankan Anda menjalani gaya hidup sehat hingga menghindari stres.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement