Kamis 25 May 2023 14:41 WIB

Foto 'Private' Suga BTS Tersebar, Diduga Dilakukan Staf Bandara-Hotel, Penggemar Protes

Army menilai staf bandara dan hotel tidak menghargai privasi Suga BTS.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Qommarria Rostanti
Poster konser Suga BTS di ICE BSD Tangerang, Banten, Indonesia pada 26-28 Mei 2023. Army memprotes adanya foto, video, dan informasi pribadi mengenai Suga yang tersebar,
Foto: Instagram/iME Indonesia
Poster konser Suga BTS di ICE BSD Tangerang, Banten, Indonesia pada 26-28 Mei 2023. Army memprotes adanya foto, video, dan informasi pribadi mengenai Suga yang tersebar,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota boy group Korea Selatan (Korsel) BTS, Suga, tiba di Indonesia pada Rabu (24/5/2023) malam. Suga bakal menggelar konser selama tiga hari di Indonesia Convention Exhibition (ICE BSD) Hall 5-6, Tangerang, Banten mulai besok, Jumat (26/5/2023) hingga Ahad (28/5/2023).

Video dan foto Suga ramai beredar di lini masa Twitter ketika Suga keluar dari pesawat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Sebuah foto yang disinyalir berasal dari staf bandara muncul saat idol dengan nama panggung lain Agust D itu keluar dari pesawat dan tengah berada di ruang imigrasi.

Baca Juga

Army, sebutan penggemar BTS, murka sebab foto privasi ketibaan Suga beredar di media sosial. Sebelumnya, gerakan menjaga privasi idol bernama Min Yoongi itu digaungkan penggemar di Twitter, Instagram, Tiktok, dan Facebook dengan hastag "Protect Privasi." Kendati demikian, sosok selain Army yang kemudian menyebarkan foto-foto tersebut. Bahkan beredar jadwal tempat dan lokasi di mana Suga hendak makan di sebuah restoran.

"Aku liat liat emang non army ga tau kultur fandom kita yang begitu amat sangat menghargai privasi idol walaupun tanpa diminta idolanya sendiri, semua ini kita lakukan biar idol kita nyaman dimanapun dia berada, tanpa ditodong kamera atau jalan gak berdesakan. Tapi ternyata non fans masih salah persepsi dan suka caper," kata salah satu ARMY di Twitter @RJLet*** seperti dikutip Republika.co.id di Jakarta Kamis (25/5/2023).

"Tolonglah ya buat para staf bandara bikin Yoongi nyaman, jangan sibuk ngerekam sendiri² di mana letak profesional anda dalam bekerja? Yang army bener² menjaga privasi Yoongi biar Yoongi nyaman, kalian ? Malah berulah sibuk ngerekam," kata Army lain melalui akun @gabbypa****.

"Ini uda di level KETERLALUAN tingkat atas. Info restoran di-share, hotel di-share, airport di-share !! Lo pada ngerti privasi dan kenyamanan gak sih!!!!" kata Army lain berkomentar melalui akun @chizi*****.

Army juga mengecam pihak promotor IME Indonesia dalam hal menjaga privasi Yoongi. Pasalnya, kegiatan Yoongi mulai dari tiba, makan di restoran hingga gladiresik di hall ICE dibagikan dan disebarluaskan di media sosial.

"Melihat kelakuan staf hotel, bandara, dan restoran yang gangguin privasi Yoongi sampai serobot videoin dan di-share, ditegur tapi ngeyel,pihak promotor ga profesional," kata akun Army lain @JKOOP****.

"Ketika fans berusaha keras untuk menjaga kenyamanan artis, saling mengingatkan, tapi pihak-pihak yang punya akses karena pekerjaan mereka  malah yang bertingkah norak dan kampungan melanggar privasi demi clout. Do your job properly @ime_indonesia!" kata salah satu Army di akun Twitter @almostdi***.

Army menilai kenyamanan idol di luar negeri merupakan hal yang sangat penting, termasuk kegiatan privasi mereka. Penggemar khawatir, Indonesia bakal dihapus dari daftar konser BTS di kemudian hari, oleh sebab itu Army sangat menjaga kenyamanan artis ketika tiba di negara Indonesia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement