Rabu 24 May 2023 09:10 WIB

Nicholas Saputra dan Happy Salma Kembali Gelar Pementasan Sudamala: Dari Epilog Calonarang

Sudamala: Dari Epilog Calonarang dipentaskan di Pura Mangkunegaran, Solo.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Produser acara Sudamala Nicholas Saputra dan Happy Salma di konferensi pers Satu dalam Cita di Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (23/5/2023).
Foto:

Sudamala: Dari Epilog Calonarang

Sudamala: Dari Epilog Calonarang adalah karya kolaborasi antara 90 orang seniman dan maestro dari Bali dan kota lainnya, yang dipentaskan di Pamedan Pura Mangkunegaran. Pementasan mengangkat kisah Walu Nateng Dirah, seorang perempuan yang memiliki kekuatan dan ilmu yang luar biasa serta ditakuti banyak orang.

photo
Pemeran teater mementaskan Sudamala: Dari Epilog Calonarang pada media preview di Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia, Jakarta, Jumat (9/9/2022). Titimangsa bersama www.indonesiakaya.com menghadirkan produksi seni pertunjukan yang bertajuk Sudamala: Dari Epilog Calonarang yang terinspirasi dari pentas tradisi Bali. - (ANTARA/Rivan Awal Lingga)

Keberadaan Walu Nateng Dirah membuat resah raja yang berkuasa saat itu, Airlangga. Pamor Walu Nateng Dirah pula yang menyebabkan tak banyak pemuda yang berani mendekati putri semata wayangnya, Ratna Manggali.

Walu Nateng Dirah sangat kecewa dan mengekspresikan kepedihannya dengan menebar berbagai wabah. Luka hatinya itu akhirnya terobati sementara setelah Ratna Manggali menikah dengan Mpu Bahula.

Kehidupan pernikahan ini ternyata dicederai Mpu Bahula. la yang ternyata adalah utusan pendeta kepercayaan Raja Airlangga yang ditugaskan untuk mengambil pustaka sakti milik Walu Nateng Dirah yang akhirnya jatuh ke tangan Mpu Bharada.

Walu Nateng Dirah kecewa dan murka. Kemurkaannya lalu menimbulkan wabah yang menyengsarakan banyak orang.

Setelah Mpu Bharada mengenali ilmu yang dimiliki Walu Nateng Dirah, ia lantas menantang untuk beradu ilmu agar dapat mengakhiri bencana dan wabah yang melanda. Siapakah yang menang dalam pertarungan ini?

Apakah Walu Nateng Dirah, seorang perempuan sakti yang kecewa? Ataukah Mpu Bharada, seorang brahmana suci, pendeta kesayangan Raja Airlangga?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement