Selasa 23 May 2023 14:55 WIB

Rabies Bisa Ditularkan dari Anjing, Kera, dan Kucing, Lakukan Ini Begitu Kena Gigitannya

Tak hanya anjing, kera dan kucing juga bisa tularkan rabies.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Reiny Dwinanda
Dokter hewan menyuntikkan vaksin rabies pada seekor kucing di Kadipiro, Solo, Jawa Tengah, Rabu (26/10/2022). Rabies dikenal juga dengan sebutan penyakit anjing gila.
Foto:

Pertolongan Pertama Bagi Korban Gigitan Hewan Rabies

Mengenai tindakan penanganan, Gerry menjelaskan, langkah awal setelah terkena gigitan adalah mencuci area gigitan dengan air mengalir dan sabun selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, segera menuju ke rumah sakit terdekat untuk diberikan vaksin antirabies atau yang sering dikenal dengan VAR.

Apabila luka gigitan sangat serius dan mendekati kepala, maka akan ditambahkan serum antirabies (SAR). Selain itu, langkah preventif atau pencegahan bisa dilakukan karena lebih baik menghindari risiko.

Di Indonesia, masih terdapat 26 provinsi yang menjadi wilayah endemis rabies. Hanya terdapat tujuh provinsi yang telah dinyatakan bebas rabies.

Adapun ciri-ciri hewan yang terjangkit rabies dapat dilihat lewat tingkah lakunya yang aneh. Salah satu pertanda yang paling mencolok ialah hewan mengeluarkan air liur berlebihan dan menggigit sembarangan.

Agar terhindar dari rabies, dr Gerry merekomendasikan masyarakat untuk sering membersihkan kandang hewan peliharaan. Kemudian melakukan vaksinasi apabila berpergian atau hendak beraktivitas di area yang liar termasuk saat berkunjung ke wilayah endemis rabies. Lalu, menjaga hewan peliharaan agar tidak terkontaminasi dengan lingkungan liar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement