Ahad 07 May 2023 00:12 WIB

Ini Dia Hewan yang Paling Banyak Ikut Program Vaksin Rabies

Kucing menjadi hewan yang paling banyak mengikuti program vaksinasi rabies.

Kucing menjadi hewan yang paling banyak mengikuti program vaksinasi rabies yang diselenggarakan Pemerintah Kota Jakarta Barat mencapai 1.481 ekor menyusul anjing, kera, dan musang./ilustrasi
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Kucing menjadi hewan yang paling banyak mengikuti program vaksinasi rabies yang diselenggarakan Pemerintah Kota Jakarta Barat mencapai 1.481 ekor menyusul anjing, kera, dan musang./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Kucing menjadi hewan yang paling banyak mengikuti program vaksinasi rabies yang diselenggarakan Pemerintah Kota Jakarta Barat mencapai 1.481 ekor menyusul anjing, kera, dan musang.

"Kucing paling banyak 1.481 ekor,anjing 342 ekor, kera 20 ekor, dan musang 8 ekor," kataKepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Kasudin KPKP) Jakarta Barat, Novy C. Palit di Jakarta, Sabtu.

Baca Juga

Menurut Novy sejauh ini capaian vaksinasi rabies di wilayah Jakarta Barat per 30 April 2023 adalah sebanyak 1.851 ekor (20,64 persen) dari target 8.967 ekor untuk tahun 2023.

Capaian itu, menurut Novy,sesuai dengan permintaan vaksin dari setiap kecamatan. Jika sudah ada permintaan dari kecamatan, Sudin KPKP akan mengeluarkan surat tugas untuk menerjunkan tiga orang petugas vaksin, yang terdiri dari satu orang dari satgas, satu orang penyuluh, dan satu orang tim vaksinasi rabies.

Novy melanjutkan, penempatan jumlah petugas vaksinasi juga disesuaikan dengan kondisi di lapangan atau di kecamatan terkait. "Biasanya saya akan turunkan tiga petugas untuk setiap kecamatan. Namun jika ada laporan dari kecamatan bahwa jumlah hewan yang akan divaksin sedikit, maka jumlah petugas yang diturunkan juga saya kurangi," ungkapnya.

Biasanya, lanjut Novy, petugas yang dikurangi tersebut akan diperbantukan ke kecamatan lain yang membutuhkan petugas vaksinasi lebih banyak.

"Intinya kita selalu berpatokan pada surat tugas, dan kemudian disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Kita lihat perkembangan ke depannya," ucap Novy.

Lebih lanjut Novi mengatakan, vaksinasi gratis dari Sudin KPKP Jakarta Barat dilakukan di seluruh kecamatan. "Dari kecamatan-kecamatan yang ada di Jakarta Barat, Kecamatan Palmerah menjadi kecamatan dengan vaksinasi terbanyak (575 ekor), diikutiKalideres (317 ekor), dan Kecamatan Kembangan (300 ekor)," jelas Novy.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement