Senin 17 Apr 2023 17:56 WIB

Titip Kucing Saat Mudik? Jangan Sembarangan Pilih Tempat, Perhatikan Hal Ini Dulu

Saat mudik, tak jarang pemilik terpaksa meninggalkan sementara kucingnya.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Kucing berada di hotel kucing atau tempat penitipan (ilustrasi). Saat mudik, sebagian pemilik kucing terpaksa meninggalkan sementara hewan peliharaannya.
Foto: www.freepik.com
Kucing berada di hotel kucing atau tempat penitipan (ilustrasi). Saat mudik, sebagian pemilik kucing terpaksa meninggalkan sementara hewan peliharaannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bersiap mudik bersama keluarga, tetapi tak bisa membawa hewan peliharaan. Alhasil, menitipkan kucing di tempat penitipan seperti pet shop atau hotel kucing menjadi jalan keluar.

Penting bagi kucing untuk memiliki waktu luang yang baik meski ditinggal majikannya sementara waktu. Dilansir laman Cat.org, kucing memiliki perawatan berbeda-beda, terutama kucing rumahan atau yang lebih cenderung suka tinggal di tempat yang tidak terlalu stres. Dalam keadaan seperti ini, pengasuh kucing yang andal mungkin diperlukan untuk hewan berkaki empat ini.

Baca Juga

Jika tidak bisa mendapatkan pengasuh kucing, cattery bisa menjadi alternatif yang bagus, tetapi pastikan vaksinasi kucing sudah diperbarui dan sudah memesannya jauh-jauh hari. Untuk kucing yang nyaman berada jauh dari rumah dan ditemani orang asing, cattery atau hotel kucing bisa menjadi alternatif terbaik tetapi pastikan untuk memilih dengan hati-hati.

Ada beberapa tips untuk mengetahui cattery seperti apa yang harus dicari. Simak uraian berikut ini:

1. Tempat penitipan kucing telah dilisensikan dengan otoritas setempat, minta untuk melihat lisensinya.

2. Pastikan kucing tidak dapat melarikan diri. Anda perlu mengecek pintu ganda atau koridor keselamatan yang mencegah kucing melarikan diri.

3. Kucing diletakkan secara terpisah dari kucing lain dan mereka tidak memiliki kontak langsung, serta diisolasi namun mudah dibersihkan.

4. Ada ruang di antara kandang sehingga kucing tidak bisa saling berhadapan.

5. Mangkuk makanan dan air serta baki sampah bersih dan rapi.

6. Pemilik tempat penitipan mengecek vaksinasi terakhir kucing.

7. Tempat penitipan merasa nyaman untuk memberikan obat apa pun yang sedang dikonsumsi, yang mungkin dibutuhkan kucing.

Selain tujuh hal itu, bisa Anda juga bisa bertanya tentang memberi makanan yang sudah dikenal, lalu cara membersihkan kotoran kucing, dan barang yang menenangkan yang berbau rumah majikannya. Ini dapat sangat membantu kucing menyesuaikan diri dengan lingkungan sementara mereka.

Kucing memang sangat menggemaskan untuk dijadikan hewan peliharaan, namun Cat.org juga menegaskan bahwa menyediakan rumah bagi kucing adalah komitmen seumur hidup, yang mungkin bisa berlangsung 15 hingga 20 tahun. Sebelum mengadopsi anak kucing baru, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Anak kucing biasanya sangat nakal, penuh energi dan sering memakan waktu. Jika sangat ingin melindungi gorden, sofa, atau furnitur lain, mungkin perlu dipertimbangkan untuk mengadopsi kucing dewasa saja.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement