Ahad 21 May 2023 14:17 WIB

Fakta Menarik Coldplay, Band yang Disukai Obama Hingga Kolaborasi Bareng BTS

Coldplay sempat merekam demo tanpa drummer.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Band Coldplay. Fakta Menarik Coldplay, Band yang Disukai Obama Hingga Kolaborasi Bareng BTS
Foto:

• Dua video musik untuk "Viva La Vida"

Ada dua versi video musik untuk "Viva La Vida". Pertama, disutradarai oleh Hype Williams dan yang lainnya disutradarai oleh Anton Corbijn. Video musik mereka dirilis dalam waktu bersamaan.

• Pernah umumkan album lewat surat kepada penggemar

Pada pengumuman album 2019, Coldplay mengambil keputusan yang tidak biasa. Mereka mengirimkan surat yang diketik kepada penggemar tentang album Everyday Life. Surat tersebut berisi konfirmasi detail album, termasuk tanggal rilisnya pada 22 November 2019 dan tanda tangan anggota band yang ditulis dengan pena emas.

• Pemegang rekor BRIT Award

Coldplay memiliki rekor nominasi BRIT Award terbanyak untuk sebuah band dengan 30 nominasi. Dari jumlah tersebut, mereka telah memenangkan sembilan BRIT Awards selama bertahun-tahun.Penghargaan pertama mereka pada 2011 untuk British Group dan British Album of the Year. Mereka kembali dinominasikan dalam BRIT Awards 2022 untuk Best Rock/Alternative Act dan Best Group.

BACA JUGA: Lirik Lagu "Yellow" dari Coldplay yang Debut 23 Tahun Lalu

• Chris tidak sangka kolaborasi dengan BTS bakal terjadi

Coldplay merilis lagu "My Universe" dengan boyband K-pop BTS pada 30 September 2021, menjelang perilisan Music of the Spheres. Sesuai dengan tema album, video musik "My Universe" mengikuti alur cerita sci-fi yang terjadi di luar angkasa bertahun-tahun di masa depan.

Terlepas dari kesuksesan lagu tersebut, Chris mengungkapkan awalnya dia tidak yakin kolaborasi itu akan pernah terjadi. “Kemudian ide itu mulai tampak sangat menarik dan kemudian suatu hari, lagu yang tepat tiba,” ujarnya.

“Saya rasa kami tidak akan pernah bisa menandingi kejutan BTS. Ini menjadi pelajaran yang luar biasa untuk diri saya sendiri dalam menjaga pikiran terbuka karena Anda tidak pernah tahu kehidupan atau musik apa yang akan membawa Anda,” ucapnya pada 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement