Kamis 18 May 2023 19:41 WIB

WHO: 46 Persen Pengidap tak Sadar Dirinya Kena Hipertensi

Sekitar 1,28 miliar orang berusia 30-79 tahun di seluruh dunia menderita hipertensi

Pemeriksaan tekanan darah.  Pengidap hipertensi mungkin tidak mengalami gejala, sehingga cara satu-satunya untuk mendeteksi kondisi ini adalah dengan memeriksakan tekanan darah.
Foto: iStockPhoto
Pemeriksaan tekanan darah. Pengidap hipertensi mungkin tidak mengalami gejala, sehingga cara satu-satunya untuk mendeteksi kondisi ini adalah dengan memeriksakan tekanan darah.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan sekitar 46 persen pengidap hipertensi di seluruh dunia tidak menyadari bahwa mereka mengidap tekanan darah tinggi. Diperkirakan 1,28 miliar orang dewasa berusia 30-79 tahun di seluruh dunia mengidap hipertensi.

Dua pertiga di antaranya pengidap hipertensi berada di negara-negara berpenghasilan menengah ke bawah. Jika 42 persen pengidap  ini sudah terdiagnosis dan diobati, tekanan darah tinggi bisa dikendalikan pada satu dari setiap lima orang dewasa (21 persen).

Baca Juga

Pengidap hipertensi mungkin tidak mengalami gejala, sehingga cara satu-satunya untuk mendeteksi kondisi ini adalah dengan memeriksakan tekanan darah. Jika tidak ditangani, hipertensi dapat menjadi penyakit serius.

sumber : Antara/Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement