Sabtu 13 May 2023 15:18 WIB

Cerita Menjijikkan Teko Listrik Hotel, Bikin Tamu Takut Mau Pakai

Sebelum memakai teko listrik hotel, pastikan dulu kebersihannya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Teko elektrik yang biasa tersedia di hotel (ilustrasi). Jika ingin menggunakan teko di hotel, sebaiknya cek dulu kebersihannya.
Foto: Www.freepik.com
Teko elektrik yang biasa tersedia di hotel (ilustrasi). Jika ingin menggunakan teko di hotel, sebaiknya cek dulu kebersihannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kamar hotel sering kali dilengkapi dengan teko pemanas yang bisa digunakan tamu untuk membuat teh, kopi, atau sekadar butuh air hangat. Seorang pramugari yang tak menyebutkan namanya memberi saran agar tamu hotel mengecek dulu kebersihan perangkat itu sebelum memggunakannya.

Pramugari itu menuliskan pendapatnya di The Receipt, seri buku harian makanan oleh Bon Appétit. Menurut dia, ada rahasia umum bahwa teko pemanas terkadang dijadikan alat darurat untuk pramugari yang ingin mencuci pakaian dalam atau stoking dengan cepat.

Baca Juga

Saat Bon Appétit membuka diskusi di Instagram, ada beberapa pramugari lain yang berkomentar bahwa mereka belum pernah mendengar atau mengetahui ada orang yang mencobanya. Namun, banyak pembaca cukup cemas dan mempertimbangkan tak akan menggunakan teko pemanas, khususnya di hotel dekat bandara.

Sementara, pengguna Tiktok @_sourqueen membuat video yang mengeklaim bahwa kebanyakan teko pemanas di hotel tak terjamin kebersihannya. Dalam video yang telah dihapus itu, dia menyebut teko pemanas hampir tidak dibersihkan dengan tepat oleh staf hotel.

"Biasanya pengurus kebersihan hanya membilas barang-barang ini di wastafel kamar mandi dan mengeringkannya dengan lap yang sama dengan yang mereka gunakan untuk membersihkan sisa ruangan," kata @_sourqueen, dikutip dari laman Best Life Online, Sabtu (13/5/2023). Pengguna Tiktok itu merupakan mantan staf kebersihan hotel. Dia menyebut, praktik serupa juga berlaku untuk barang pecah belah lain di dalam ruangan.

Secara terpisah, ada utas Reddit yang menyarankan para pelancong untuk memeriksa kebersihan teko pemanas di hotel sebelum menggunakannya. Dalam beberapa kasus, perangkat pemanas air itu memang bisa ada dalam kondisi tak optimal.

Pengguna Reddit "henryriver" membagikan foto teko pemanas di hotelnya yang memiliki spora jamur, yang mungkin tidak diperiksa oleh petugas kebersihan sebelum dia check-in. Pengguna lain membagikan cerita "mengerikan" bahwa teko pemanas di hotel pernah dipakai untuk wadah air seni.

Bon Appétit memuat postingan lanjutan dengan informasi lebih lanjut terkait standar kebersihan hotel untuk teko kopi, menemukan bahwa tingkat kebersihan bergantung pada jaringan hotel. Ada jaringan hotel yang membersihkan berbagai barang di kamar, termasuk teko pemanas, secara menyeluruh setiap hari. Semua perangkat didesinfeksi setiap kali tamu melakukan check-out.

Sementara, ada jaringan hotel yang mungkin membersihkan teko pemanas hanya jika tamu memintanya. Jadi, sebelum menyeduh kopi atau teh, pastikan teko pemanas dalam kamar sudah bersih, atau lebih baik tak mengambil risiko dan membeli minuman di kedai kopi lokal.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement