Jumat 12 May 2023 23:35 WIB

Cegah Batu Ginjal dengan Cara Ini

Jika ukurannya sudah besar, batu ginjal perlu dikeluarkan lewat pembedahan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Pria minum air putih. Cegah terbentuknya batu ginjal dengan cukup minum air.
Foto:

4. Konsumsi produk susu

Tak perlu khawatir akan kena batu "kalsium". Produk susu memang mengandung kalsium, tetapi sebenarnya membantu mencegah batu ginjal. Sebab, kalsium berikatan dengan oksalat sebelum masuk ke ginjal.

Orang dengan asupan kalsium diet terendah memiliki peningkatan risiko batu ginjal. Sebuah batu dapat terbentuk dari garam, produk limbah protein, dan potasium.

Jenis batu ginjal yang paling umum adalah batu kalsium oksalat. Sebagian besar batu ginjal terbentuk ketika oksalat, produk sampingan dari makanan tertentu, berikatan dengan kalsium saat urine dibuat oleh ginjal.

Baik oksalat dan kalsium meningkat ketika tubuh kekurangan cairan dan terlalu banyak garam. Berdasarkan tes darah dan urine, dokter Anda akan menentukan jenis perubahan pola makan apa yang diperlukan dalam kasus khusus Anda.

5. Perlukah obat herbal?

Beberapa zat herbal dipromosikan sebagai membantu mencegah batu ginjal. Anda harus tahu bahwa tidak ada cukup bukti medis yang dipublikasikan untuk mendukung penggunaan ramuan atau suplemen apa pun dalam mencegah terbentuknya batu ginjal.

Temui dokter Anda atau ahli diet terdaftar sebelum membuat perubahan pola makan jika Anda memiliki batu ginjal atau berpikir Anda berisiko lebih tinggi terkena batu ginjal. Untuk membimbing Anda, mereka perlu mengetahui riwayat kesehatan dan makanan yang Anda makan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement