Jumat 12 May 2023 17:15 WIB

Mahal, Tiga Produk Perawatan Kulit Ini Sebenarnya tidak Diperlukan

Dokter kulit menganjurkan untuk tak buang-buang uang untuk ketiga produk ini.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan memandangi produk skincare-nya. Tidak semua skincare benar-benar bermanfaat seperti yang dipromosikan.
Foto: Prayogi/Republika
Perempuan memandangi produk skincare-nya. Tidak semua skincare benar-benar bermanfaat seperti yang dipromosikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang bersedia menghabiskan banyak uang untuk produk perawatan agar memiliki kulit sehat. Padahal, menurut dokter kulit,produk yang memiliki label harga lebih tinggi tidak berarti lebih baik.

Dr Muneeb Shah menjelaskan ada tiga produk perawatan kulit mendasar yang digunakan setiap hari yang sebenarnya memiliki alternatif yang lebih murah. Pertama, pembersih.

Baca Juga

"Pembersih adalah sesuatu yang Anda gunakan setiap hari. Jika Anda memakai produk pembersih yang mahal, itu akan membuat bujet perawatan kecantikan membengkak dengan cepat," ujar dr Shah, dilansir The Sun, Jumat (12/5/2023).

Dokter Shah mengungkapkan bahwa kunci saat menemukan produk yang bagus adalah mencari pembersih lembut yang menghidrasi.

Kedua, micellar water untuk menghapus riasan wajah. Produk ini juga merupakan kebutuhan sehari-hari yang dipakai untuk menghilangkan produk kosmetik tahan air. Anda tidak perlu berbelanja secara royal agar mendapatkan kebersihan kulit yang baik.

Ketiga, pelembap. Ada penelitian yang menunjukkan pelembap yang lebih mahal cenderung mengandung alergen umum. Jadi, dr Shah menyarankan memilih produk yang dapat memulihkan kesehatan pelindung kulit (skin barrier)" untuk melengkapi rutinitas perawatan kulit Anda.

"Cari sesuatu yang bebas pewangi, yang mengandung ceramide," katanya.

Selain itu, awal pekan ini, dr Shah juga telah menyingkap dua jenis produk kulit yang dipromosikan berlebihan dan menunjukkan produk pengganti yang lebih murah. Dia mengimbau masyarakat untuk tidak membeli sikat pembersih.

Alat silikon pencuci wajah telah menjadi benda populer di media sosial selama beberapa tahun terakhir. Namun, beberapa ahli bahkan telah peringatkan efeknya yang berpotensi merusak.

"Sikat wajah bisa menjadi tambahan yang bagus untuk rutinitas Anda, tetapi apakah itu perlu? Tidak," katanya dalam video yang dibagikan di media sosial. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement