Ahad 30 Apr 2023 17:29 WIB

Mitos Perawatan Kulit yang tak Perlu Anda Percaya, 100 Persen Keliru

Ada begitu banyak mitos dan kesalahpahaman seputar kulit.

Rep: Desy Susilawati / Red: Qommarria Rostanti
Produk skincare (ilustrasi). Setidaknya ada lima mitos perawatan wajah yang tidak perlu Anda percaya.
Foto: www.freepik.com
Produk skincare (ilustrasi). Setidaknya ada lima mitos perawatan wajah yang tidak perlu Anda percaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Perawatan kulit menjadi bagian penting dari rutinitas sehari-hari. Namun ada begitu banyak mitos dan kesalahpahaman seputar kulit yang dapat menyebabkan perawatan yang tidak tepat, membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan, dan penuaan. 

Dengan begitu banyak saran di luar sana, sulit untuk mengetahui apa yang harus dipercaya. Dengan memahami dan menyanggah mitos-mitos ini, Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang rutinitas perawatan kulit dan membantu kulit terlihat dan terasa lebih baik.

Baca Juga

Berikut ini lima mitos perawatan kulit yang banyak beredar, seperti dilansir dari laman Hindustan Times pada Sabtu (29/4/2023). Ahli aromaterapi dan kosmetologis dari India, Pooja  Nagdev membagikan lima mitos perawatan kulit umum yang harus Anda berhenti percayai:

1. Mengoleskan tabir surya hanya saat cuaca cerah di luar

Faktanya, sinar UV dapat menembus awan bahkan pada hari mendung. Jadi, penting untuk memakai tabir surya setiap hari, apa pun cuacanya. Selain itu, Anda harus mengoleskan kembali tabir surya setiap dua jam, atau segera setelah berenang atau berkeringat.

2. Semakin tinggi SPF, semakin baik perlindungannya

Faktanya, meskipun tabir surya dengan SPF tinggi menawarkan perlindungan lebih dari tabir surya dengan SPF rendah, perbedaannya tidak sepenting yang Anda kira. SPF 30 memblokir sekitar 97 perssn sinar UVB, sedangkan SPF 50 memblokir sekitar 98 persen sinar UVB. Yang lebih penting dari nomor SPF adalah seberapa sering Anda mengaplikasikan tabir surya dan seberapa banyak Anda menggunakannya.

3. Semakin banyak melakukan eksfoliasi, semakin baik kulit Anda

Faktanya, eksfoliasi terlalu sering dapat membahayakan kulit, menyebabkan kemerahan, iritasi, bahkan jaringan parut. Dianjurkan untuk melakukan eksfoliasi tidak lebih dari sekali atau dua kali sepekan, tergantung pada jenis kulit Anda. Selain itu, berhati-hatilah saat melakukan eksfoliasi dan hindari menggunakan skrub yang dapat merusak kulit.

4. Kulit berminyak tidak butuh pelembap

Faktanya, kulit berminyak juga membutuhkan kelembapan agar tetap sehat dan terhidrasi. Menggunakan pelembap yang ringan dan bebas minyak sebenarnya dapat membantu mengatur produksi minyak dan mencegah munculnya jerawat.

5. Produk perawatan kulit mahal selalu lebih baik

Faktanya, harga produk perawatan kulit belum tentu mencerminkan kualitas atau keefektifannya. Ada banyak pilihan perawatan kulit terjangkau yang sama efektifnya dengan rekan-rekan mereka yang lebih mahal. 

Penting untuk fokus pada bahan dan formulasi suatu produk, bukan pada label harganya. Selalu pilih produk perawatan kulit vegan yang hijau, alami, dan bukan yang mengandung bahan kimia sintetik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement