Ahad 30 Apr 2023 16:48 WIB

Cuci Muka Disarankan 2x Sehari, Apa yang Terjadi Jika Kurang atau Bahkan Lebih?

Anda tidak boleh malas mencuci muka atau justru berlebihan melakukannya.

Rep: Desy Susilawati / Red: Qommarria Rostanti
Air untuk cuci muka (ilustrasi). Anda disarankan cuci muka 2x sehari.
Foto: www.freepik.com
Air untuk cuci muka (ilustrasi). Anda disarankan cuci muka 2x sehari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mencuci muka tak boleh dianggap sepele, terutama pada malam hari. Sayangnya, masih ada sebagian orang masih malas cuci muka, langsung tidur dalam kondisi wajah belum dibersihkan.

Tidak membersihkan muka akan berdampak buruk bagi wajah. Berikut ini yang akan terjadi jika Anda tak mencuci muka dua kali sehari. 

Baca Juga

Dilansir laman Every Day Health pada Sabtu (29/4/2023), konsekuensinya tergantung pada jenis dan kondisi kulit Anda. Jika Anda berjerawat dan tidak mencuci muka secara teratur, maka jerawat mungkin menjadi lebih banyak atau lebih parah.

“Mencuci wajah dua kali sehari sangat penting bagi mereka yang memiliki kulit berjerawat, karena pembersihan wajah menghilangkan kotoran dari kulit dan pori-pori, yang jika dibiarkan menumpuk, menyebabkan penyumbatan dan berjerawat,” ujar dokter kulit bersertifikat di Verona, New Jersey, Aanand Geria.

Meski begitu, Anda tidak boleh mencuci wajah terlalu sering. Dokter kulit bersertifikat yang berbasis di Philadelphia, Nazanin Saedi, mengatakan mencuci muka lebih dari dua kali sehari, akan menghilangkan minyak alami di kulit. Akibatnya, Anda akan memproduksi minyak secara berlebihan. Meskipun Anda tidak memakai riasan hari itu atau tidak keluar rumah, Anda tetap tidak boleh tidur tanpa membersihkan wajah terlebih dahulu.

“Kotoran, minyak, dan lainnya yang tidak diinginkan masih dapat menumpuk di kulit sepanjang hari,” ujar Saedi.

Jika dibiarkan, faktor-faktor tersebut juga dapat menyumbat pori-pori. Jika Anda melewatkan satu hari tanpa mencuci muka karena sedang tidak enak badan, terutama larut malam, atau hanya lupa, tidak apa-apa. Anda belum merusak kulit Anda. Dan Anda mungkin tidak akan melihat perubahan apa-apa. “Pada akhirnya, melewatkan satu hari mencuci muka tidak akan memengaruhi kesehatan kulit Anda secara keseluruhan,” ujar Saedi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement