Jumat 12 May 2023 17:00 WIB

5 Sumber Protein Nabati Selain Kedelai yang Bisa Dicoba Pelaku Diet Vegan

Diet vegan merekomendasikan hanya mengonsumsi makanan nabati.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Kacang merah, salah satu sumber protein nabati. Diet vegan merekomendasikan hanya mengonsumsi makanan nabati.
Foto: pixabay
Kacang merah, salah satu sumber protein nabati. Diet vegan merekomendasikan hanya mengonsumsi makanan nabati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diet vegan bisa jadi menantang dan bahkan dapat meningkatkan risiko kekurangan nutrisi seperti protein, kalsium, dan vitamin B-12. Faktanya, diet ini tetap merupakan rutinitas yang dapat menurunkan berat badan dan ramah bagi jantung.

Diet vegan merekomendasikan hanya mengonsumsi makanan nabati. Tidak seperti pola makan vegetarian, diet ini juga menganjurkan untuk tidak mengonsumsi produk susu.

Baca Juga

Ketika harus menghindari produk susu, alternatif yang bisa diandalkan adalah kedelai. Baik itu tempe maupun tahu, susu kedelai, atau edamame, kedelai sering dianggap sebagai sumber protein vegan.

Namun, jika Anda bosan dengan kedelai, ada beberapa alternatif untuk bahan makanan berbahan dasar kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi saat diet vegan. Berikut lima sumber protein vegan selain kedelai, seperti dilansir Times Now News, Kamis (11/5/2023).

 

1. Buncis

Buncis yang dimasak mengandung 7,25 mikrogram protein dalam setengah cangkir. Bahan makanan lezat ini dapat dibuat tumisan, disajikan dalam bentuk kari dengan nasi atau roti.

Banyak yang bahkan menikmati buncis rebus dengan potongan bawang dan tomat dalam bentuk salad. Makanan ini mengenyangkan dan mendukung tujuan penurunan berat badan dengan mengesankan.

2. Kacang

Kacang tanah sarat dengan lemak sehat, protein, dan serat yang secara kolektif bekerja untuk menahan rasa lapar dan membantu mengelola berat badan. Dalam setengah cangkir kacang tanah, seseorang mendapatkan 20,5 gram protein. Selai kacang, dalam satu sendok makan, dapat memberikan 3,6 mikrogram protein.

3. Quinoa

Quinoa tidak disukai oleh banyak orang, tetapi masih merupakan salah satu biji-bijian paling bergizi dengan jumlah protein yang besar. Biji-bijian ini merupakan protein lengkap dan memberikan 8 mikrogram makronutrien per cangkir. Selain itu, ia juga menawarkan mangan, magnesium, zat besi, dan serat

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement