Kamis 11 May 2023 22:31 WIB

Influenza Bukan Pilek Biasa, Bahaya Jika Menginfeksi Lansia

Influenza bukanlah penyakit ringan yang akan sembuh sendiri.

Merawat lansia (ilustrasi). Influenza bisa berbahaya jika menginfeksi lansia. Influenza memiliki gejala yang lebih berat dan dapat menyebabkan komplikasi serius pada sistem organ lainnya.
Foto:

Saat ini, ada empat strain virus influenza yang bersirkulasi secara bersamaan di alam bebas, yaitu influenza A/H1N1, A/H3N2, B/Victoria, dan B/Yamagata. Samsuridjal mengatakan, vaksinasi influenza kuadrivalen dapat memberikan perlindungan baik terhadap strain influenza A maupun influenza B.

"Pengalaman imunisasi Covid-19, prestasi kita luar biasa. Suntikan pertama sudah dilakukan 220 juta orang. Jadi sebenarnya influenza juga bisa kita lakukan vaksinasi setiap tahun bagi yang berisiko," ujar dia.

Selain lansia, kelompok berisiko lainnya yang juga direkomendasikan melakukan vaksinasi influenza tahunan adalah pengidap diabetes, hipertensi, HIV/AIDS, asma, penyakit jantung, penyakit paru-paru, dan ibu hamil. Pelaku perjalanan luar negeri serta para tenaga kesehatan juga disarankan mendapatkan vaksin influenza.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement