Rabu 10 May 2023 19:54 WIB

Ed Sheeran Ungkap Hal yang Membuatnya Bisa Menangkan Kasus 'Thinking Out Loud'

Ed Sheeran terbukti tidak bersalah dalam tuduhan penjiplakan lagu hit Marvin Gaye.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Ed Sheeran tidak terbukti menjiplak lagu hit Marvin Gaye, Lets Get It On, ketika menciptakan Thinking Out Loud.
Foto: EPA-EFE/JUSTIN LANE
Penyanyi Ed Sheeran tidak terbukti menjiplak lagu hit Marvin Gaye, Lets Get It On, ketika menciptakan Thinking Out Loud.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ed Sheeran mengungkapkan hal yang membantunya memenangkan persidangan beberapa waktu lalu. Dia dituduh menyalin akord musik dari lagu klasik Marvin Gaye "Let's Get It On" dalam lagu hitnya tahun 2014, "Thinking Out Loud".

"101 lagu dengan urutan akord yang sama. Itu hanya bagian kecil dari masalah. Jadi, sangat cepat bisa mengetahuinya seperti 'Oh ya, ini tidak orisinal'," kata Sheeran.

Baca Juga

Selama persidangan, Sheeran mengeluarkan gitarnya dan berdiri untuk menjelaskan alasannya harus mempertunjukkan bakatnya selama memberikan kesaksian. Dia memiliki waktu untuk menjelaskan argumennya.

Pada Kamis, dewan juri memutuskan Sheeran tidak bersalah dalam gugatan pelanggaran hak cipta yang diajukan oleh keluarga penyanyi-penulis lagu Ed Townsend yang ikut menulis lagu "Let's Get It On". Penggugat dilaporkan meminta ganti rugi 100 juta dolar AS.

Setelah putusan diumumkan, Sheeran sangat bersyukur bahwa dewan juri melihat upayanya untuk membuktikan tuduhan tersebut tidak benar. Putusan menemukan bahwa tidak ada kesamaan antara dua lagu seperti yang dikemukakan oleh para ahli penggugat.

"Sangat menyedihkan dituduh mencuri lagu orang lain. Kita membutuhkan penulis lagu dan komunitas penulis untuk bersama-sama menggunakan individu tepercaya sebagai pakar musik sehingga proses kreatif dapat berlanjut," ujar dia.

Dilansir Fox News, Rabu (10/5/2023), belum lama ini, pelantun "Shape of You" itu juga merilis dokumenter Ed Sheeran: The Sum of It All. Di serial dokumenter Disney+ itu, dia membuka tentang trauma yang dia dan istrinya alami setelah diagnosis kanker sang istri.

"Saya (ketika itu) sedang memfilmkan sebuah film dokumenter tentang album saya yang sedang dibuat," ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement