Senin 08 May 2023 21:55 WIB

Tak Perlu Takut Efek Samping Imunisasi Anak, Lakukan Ini Kalau Timbul Demam

Pastikan kondisi kesehatan anak terlebih dahulu sebelum menerima imunisasi.

Petugas kesehatan memberikan vaksin polio kepada seorang anak saat Sub Pekan Imunisasi (PIN) Polio di Taman Neglasari, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (3/4/2023). Orang tua tak dianjurkan untuk memberikan paracetamol sebelum anak mendapatkan imunisasi dan sebelum demam terjadi.
Foto:

Hartono juga mengingatkan bahwa paracetamol baru dibutuhkan saat suhu tubuh anak berada di atas 38 derajat Celsius. Saat anak demam, sebaiknya kompres dengan air hangat dan pasangkan pakaian yang tipis.

Demam pascaimunisasi, menurut Hartono, adalah reaksi tubuh ketika menghadapi vaksin yang berisi kuman mati atau kuman yang dilemahkan. Jadi, ada sistem kekebalan yang dilatih.

"Jadi nanti kalau ketemu musuh betulannya, dia sudah siap," kata Hartono.

Selain masalah efek samping, menurut Hartono, anggapan bahwa vaksin haram untuk disuntikkan pada manusia juga masih menjadi hambatan penerimaan imunisasi di masyarakat. Hartono memastikan bahwa produk akhir vaksin tidak mengandung zat dari babi sama sekali karena sudah melalui proses penyaringan secara berulang-ulang. Selain itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada 2016 juga telah mengeluarkan fatwa bahwa imunisasi pada dasarnya dibolehkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement