Ahad 07 May 2023 17:18 WIB

Viral di TikTok, Dokter Sebut Olahraga Lari Bikin Wajah Orang Menua Lebih Cepat

Seorang dokter menyebut bahwa pelari mengalami penuaan dini di wajahnya.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Pelari mengikuti ajang olahraga Jakarta Marathon 2022 di Jakarta, Ahad (16/10/2022). Konon, wajah seorang pelari dapat menua lebih cepat.
Foto:

Istilah "wajah Ozempic", misalnya, muncul karena pengguna semaglutide dapat dengan cepat menghilangkan lemak pipinya. Penurunan berat badan yang dramatis dapat mengubah bentuk wajah, tetapi tidak berarti kulit kehilangan elastisitasnya.

Yang kedua, yakni paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat mempercepat tanda-tanda penuaan. Lebih dari segalanya, dr Lee mengatakan "paparan sinar matahari kronis" dari olahraga luar ruangan yang intens dapat menyebabkan penuaan dini seperti keriput dan bintik hitam.

Selain itu, dr Lee mengatakan olahraga berkepanjangan biasanya menghasilkan keringat. Itu artinya Anda harus mengoleskan kembali tabir surya, sesuatu yang sulit dilakukan saat Anda berlari jarak jauh.

"Untuk mengurangi kerusakan akibat sinar matahari, beberapa pelari memakai topi atau baju lengan panjang selain tabir surya," kata dr Lee.

Di sisi lain, meskipun berlari dapat menimbulkan risiko bagi sebagian orang, seperti patah tulang karena tekanan atau cedera lainnya, manfaatnya sangat banyak. Berlari dapat meningkatkan kesehatan jantung, memperbaiki kualitas tidur, dan memperbaiki kesehatan mental, segalanya yang dapat memperpanjang hidup Anda.

Berlari di luar ruangan memang dapat menyebabkan beberapa garis halus atau bintik matahari. Tetapi untuk semua manfaat positif yang ditambahkan dalam hidup Anda, sebagian besar pelari membutuhkan alasan yang lebih mendesak untuk berhenti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement