Ahad 07 May 2023 12:13 WIB

Mengintip Busana Keluarga Kerajaan Inggris Saat Penobatan Raja Charles III 

Busana yang dikenakan oleh anggota keluarga kerajaan dan tamu undangan jadi sorotan.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Raja Inggris Charles III (kiri) dan Ratu Camilla melambaikan tangan dari balkon Istana Buckingham usai penobatan mereka di London, Inggris, Sabtu (6/5/2023).
Foto: EPA-EFE/Neil Hall
Raja Inggris Charles III (kiri) dan Ratu Camilla melambaikan tangan dari balkon Istana Buckingham usai penobatan mereka di London, Inggris, Sabtu (6/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Acara penobatan Raja Charles III dan istrinya, Camilla digelar di Westminster Abbey, Inggris pada Sabtu (6/5/2023). Busana yang dikenakan oleh para anggota keluarga kerajaan dan tamu undangan yang hadir menjadi sorotan.

Gaun yang dipakai oleh bangsawan senior seperti Ratu Camilla dan Kate Middleton atau Princess of Wales berwarna pucat. Mereka menggunakan jubah agung dan perhiasan berkilauan yang menonjol.

Baca Juga

Ratu Camilla mengenakan gaun sutra bersulam berwarna gading, perak, dan emas karya Bruce Oldfield. Dia adalah seorang desainer Inggris yang disukai oleh keluarga kerajaan. Camilla juga menggunakan sepatu yang serasi.

Sementara Kate mengenakan gaun krep sutra berwarna gading yang dibuat oleh rumah mode Inggris Alexander McQueen. Kate mengenakan mantel atau jubah Royal Victorian Order berwarna biru dan merah kobalt. 

Kate tidak mengenakan tiara, melainkan memilih topi baja perak dan kristal besar yang dirancang oleh pembuat topi Jess Collett bekerja sama dengan McQueen. Kate juga memakai anting-anting mutiara dan berlian milik mendiang Putri Diana.

Anak perempuan Kate yang berusia 8 tahun, Putri Charlotte, mengenakan hiasan kepala serupa dan gaun karya McQueen berwarna gading dengan jubah, yang disulam dengan motif mawar, thistle, daffodil, dan shamrock. Motif ini mewakili empat negara di Inggris Raya.

Sementara itu, para tamu undangan menggunakan gaun berwarna pastel yang memberikan semburat warna ceria. Ibu negara Amerika Serikat, Jill Biden mengenakan setelan karya Ralph Lauren, dengan hiasan rambut dan sarung tangan yang serasi. Jill hadir bersama cucunya Finnegan Biden, yang mengenakan gaun kuning dengan jubah berwarna senada dari label New York Markarian.

Warna merah muda menjadi pilihan yang sangat populer bagi banyak orang. Ibu negara Prancis, Brigitte Macron memakai gaun pendek berwarna merah muda pucat dengan mantel yang serasi. Gaun ini dibuat oleh desainer Nicolas Ghesquière untuk Louis Vuitton. 

Sementara Ratu Spanyol Letizia juga memilih warna merah muda. Dia mengenakan setelan rok dengan embel-embel peplum, sepatu yang serasi, dan topi besar.

Bintang pop Katy Perry, yang dijadwalkan tampil di konser penobatan pada Ahad (7/5/2023) mengenakan jaket Vivienne Westwood dengan rok yang disesuaikan.  Dia menata memakai topi yang menampilkan dasar crinoline dengan lapisan tulle, dihiasi dengan pita.

Anggota parlemen Inggris, Penny Mordaunt, yang membawa "pedang negara" selama upacara penobatan, mencuri perhatian dengan gaun jubah biru mencolok dan topi bersulam pakis emas. Pangeran Harry, yang menghadiri upacara tersebut tanpa istrinya, Meghan, mengenakan setelan berekor hitam dan abu-abu tiga potong dari Dior.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement