Kamis 08 Feb 2024 23:51 WIB

Olahraga 5BX Disebut Jadi Kunci Kebugaran Raja Charles III, Apa Itu?

Raja Charles III disbeut merupakan penggemar berat rutinitas latihan 5BX.

Raja Charles III. Raja Charles III disebut merupakan penggemar berat rutinitas latihan 5BX. Olahraga ini diklaim sebagai kunci kebugaran Raja Charles III.
Foto: Andrew Milligan/Pool via AP
Raja Charles III. Raja Charles III disebut merupakan penggemar berat rutinitas latihan 5BX. Olahraga ini diklaim sebagai kunci kebugaran Raja Charles III.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Raja Charles III dikenal rajin berolahraga sehingga tubuhnya terlihat bugar meskipun usianya sudah menginjak 75 tahun. Termasuk, melakukan pola latihan fisik (workout) 5BX secara rutin.

Dikutip dari New York Post pada Kamis (8/2/2024), Raja Charles III adalah penggemar berat rutinitas latihan 5BX yakni latihan fisik militer berdurasi 11 menit yang dikembangkan untuk Angkatan Udara Kanada pada akhir 1950-an. Latihan fisik ini diciptakan oleh Bill Orban, seorang akademisi yang merancang program untuk membantu personel militer mempertahankan tingkat kebugaran tubuhnya tetap optimal meskipun memiliki waktu berolahraga sedikit.

Baca Juga

Dalam beberapa dekade sejak diciptakan, 5BX telah juga dilakukan oleh orang-orang di luar militer, termasuk ayah Charles, Pangeran Philip, yang secara teratur melakukan rutinitas itu dan hidup sampai usia 99 tahun. Charles, yang pernah bertugas di Angkatan Udara dan Angkatan Laut Kerajaan Inggris, dikabarkan memulai dan mengakhiri harinya dengan melakukan 5BX yang terdiri atas lima gerakan berbeda.

Empat dari gerakan adalah senam yang dirancang untuk meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan tubuh, sedangkan yang kelima diperuntukkan untuk meningkatkan kebugaran aerobik. Gerakan pertama adalah peregangan, dengan melakukan gerakan membungkuk dan menyentuh jari-jari kaki sebelum menggerakkan tubuh ke atas dan mengangkat tangan ke langit-langit. Gerakan itu harus diulang selama dua menit dan dilakukan perlahan.

Gerakan kedua adalah sit-up yang dilakukan selama 60 detik. Sedangkan yang ketiga adalah melakukan back extension atau berbaring tengkurap dan mengangkat lengan dan kaki dari lantai sebelum menurunkannya kembali, gerakan itu juga diulang selama 60 detik. Gerakan keempat adalah push-up yang dilakukan selama satu menit tanpa henti. Latihan 5BX diakhiri dengan berlari di tempat selama enam menit untuk meningkatkan kemampuan aerobik.

5BX dirancang untuk orang-orang dari semua kemampuan. Latihan fisik itu memiliki enam tingkatan berbeda, dengan masing-masing memiliki modifikasi latihan.

Tingkat satu, misalnya, dirancang untuk pemula dengan gerakan sit-up, push-up dan peregangan ringan. Sedangkan tingkat enam adalah untuk atlet dengan kekuatan dan kelincahan tubuh optimal. Tidak diketahui tingkatan 5BX yang rutin dilakukan Raja Charles III.

Selain latihan fisik rutin, Raja Charles III juga senang menunggang kuda, hiking dan mendayung, yang juga membuatnya tetap dalam kondisi bugar. Dia juga menerapkan pola makan sehat serta tidak mengonsumsi banyak alkohol. Kendati saat ini tengah mengidap penyakit kanker, salah satu sumber internal dari pihak kerajaan mengungkapkan, gaya hidup sehat dan aktif Raja Charles III dapat membantunya dalam berjuang melawan penyakit tersebut.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement