Sabtu 06 May 2023 18:14 WIB

Mengenal Quiche, Makanan Resmi dalam Prosesi Penobatan Raja Charles III

Raja Charles III sangat menyukai apa pun yang terbuat dari telur dan keju.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Indira Rezkisari
Raja Charles III memilih quiche sebagai hidangan resmi prosesi penobatannya yang jatuh pada Sabtu (6/5/2023).
Foto: AP Photo/Andreea Alexandru
Raja Charles III memilih quiche sebagai hidangan resmi prosesi penobatannya yang jatuh pada Sabtu (6/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Prosesi penobatan mahkota Raja Charles III resmi berlangsung pada Sabtu (6/5/2023). Untuk momen bersejarah ini, Raja Charles III memilih quiche sebagai hidangan resmi prosesi penobatannya.

"Coronation Quiche adalah quiche isian tebal dengan pastry yang garing dan ringan, serta rasa bayam yang ringan, broad beans, serta tarragon segar," jelas laman resmi keluarga kerajaan Inggris, seperti dilansir Intelligencer.

Baca Juga

Pemilihan quiche sebagai makanan resmi dalam penobatan Raja Charles III sempat menuai pro dan kontra. Alasannya, quiche bukanlah makanan khas Inggris.

Quiche dikenal sebagai salah satu makanan klasik Perancis. Namun berdasarkan data sejarah, quiche sebenarnya berasal dari Jerman di masa abad pertengahan. Nama quiche berasal dari bahasa Jerman kuchen yang berarti kue.

Terlepas dari latar belakangnya, Raja Charles III dan Ratu Consort Camilla, sepakat untuk memilih quiche sebagai hidangan resmi dalam prosesi penobatan. Dalam proses ini, quiche yang disajikan dibuat dengan menggunakan resep dari chef kerajaan, Mark Flanagan.

Ada beberapa alasan yang membuat ketiganya menjatuhkan pilihan pada quiche. Salah satu alasannya, quiche bisa dinikmati baik dalam kondisi panas maupun dingin. Selain itu, quiche merupakan makanan yang cocok untuk berbagi.

"Quiche bisa cocok dengan berbagai preferensi dan tuntutan pola makan, bisa diadaptasi," jelas Chef Flanagan, seperti dilansir Guardian.

Sebagai tambahan, quiche juga memiliki beberapa keunggulan lain. Sebagian di antaranya adalah tidak rumit untuk dibuat dan tak membutuhkan biaya yang besar.

Mantan chef kerajaan, Darren McGrady, merasa tak heran saat mengetahui Raja Charles III memilih quiche. Saat masih bekerja di istana, Chef McGrady mengatakan dia cukup sering membuat quiche untuk ayah dari Pangeran William dan Harry tersebut.

"Tak mengejutkan bahwa Raja Charles III memilih Coronation Quiche untuk merayakan penobatannya," lanjut Chef McGrady.

Chef McGrady mengatakan Raja Charles III memiliki selera yang cukup berbeda dengan mendiang Ratu Elizabeth II. Semasa hidupnya, Ratu Elizabeth II sangat menyukai cokelat akan tetapi Raja Charles III sangat menyukai apa pun yang terbuat dari telur dan keju.

"Saya membuatkan (quiche) untuknya sangat sering, khususnya dengan salmon yang dia pancing di sungai Dee," ujar Chef McGrady.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement