Kamis 04 May 2023 00:30 WIB

Saat Seduh Kopi, Tambahkan Rempah Ini untuk Cegah Perut Kembung

Rempah apa yang berkhasiat mencegah perut kembung?

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Secangkir kopi dengan kayu manis. Kayu manis menjadi salah satu rempah yang bisa ditambahkan ke kopi agar perut tidak kembung.
Foto: Piqsels
Secangkir kopi dengan kayu manis. Kayu manis menjadi salah satu rempah yang bisa ditambahkan ke kopi agar perut tidak kembung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski umum, kembung dapat menyebabkan perut terasa penuh yang mungkin bisa membuat tidak nyaman. Ahli diet Trista Best mengatakan kayu manis menjadi salah satu rempah yang bisa ditambahkan ke kopi agar perut tidak kembung.

National Health Service (NHS) di Inggris mencantumkan empat tanda perut buncit, perut terasa penuh atau lebih besar dari biasanya, mengalami sakit perut atau ketidaknyamanan, dan perut keroncongan atau mengeluarkan suara. Orang juga kembung ketika buang angin lebih banyak dari biasanya.

Baca Juga

"Kayu manis mengandung antioksidan kuat dan senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh," ujar Best, dilansir laman Express, Rabu (3/5/2023).

Hal senada juga diungkapkan oleh ahli gizi Mary Sabat. Ia menjelaskan kayu manis mengandung sifat antiinflamasi dan dapat membantu mengurangi kembung dengan membantu pencernaan.

Kayu manis mengandung senyawa yang disebut cinnamaldehyde, yang berkontribusi pada rasa manis alami. Kayu manis memiliki rasa manis alami yang dapat meningkatkan cita rasa kopi tanpa perlu tambahan gula atau pemanis buatan.

Kayu manis memang bisa menjadi alternatif yang lebih sehat daripada menambahkan gula ke dalam secangkir kopi di pagi hari, tapi NHS memberi saran berbeda. Jika seseorang mengalami perut kembung, NHS menyarankan untuk membatasi konsumsi kafein, termasuk kopi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement