Rabu 03 May 2023 07:32 WIB

Libur Telah Usai, Begini Cara Kembalikan Semangat Anak untuk Masuk Sekolah Lagi

Mengatur ulang jadwal tidur anak menjadi salah satu hal penting untuk dilakukan.

Pelajar beraktivitas saat jam istirahat di SDN Pejaten Barat 01, Jakarta, Selasa (2/5/2023). Pada hari pertama sekolah usai libur lebaran 1444 hijriah, kegiatan belajar mengajar mulai aktif kembali untuk semua jenjang pendidikan  SD, SMP, dan SMA yang bertepatan pada Hari Pendidikan Nasional 2023.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pelajar beraktivitas saat jam istirahat di SDN Pejaten Barat 01, Jakarta, Selasa (2/5/2023). Pada hari pertama sekolah usai libur lebaran 1444 hijriah, kegiatan belajar mengajar mulai aktif kembali untuk semua jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA yang bertepatan pada Hari Pendidikan Nasional 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog Husnul Muasyaroh membagikan kiat bagi orang tua untuk mempersiapkan anak kembali ke sekolah usai libur panjang musim Lebaran. Salah satunya dengan mengatur ulang jam tidur.

"Ajak anak berdiskusi santai tentang topik kembali ke sekolah," kata Husnul, yang mengambil master psikolog profesi di Universitas Indonesia, melalui pesan singkat kepada Antara, Selasa (2/5/2023).

Baca Juga

Kiat pertama mempersiapkan anak kembali ke sekolah usai berlibur, menurut Husnul, adalah membiasakan kembali waktu kegiatan seperti saat masuk sekolah, terutama soal jam tidur. Jika saat libur anak diperbolehkan untuk tidur larut malam dan bangun siang hari, maka atur jadwal tidur anak agar tidak lebih dari pukul sembilan malam.

Dengan mengatur ulang jadwal tidur, anak dapat bangun pagi dalam kondisi segar. Kedua, orang tua sebaiknya jangan lupa menanyakan bagaimana perasaan anak menjelang hari-hari kembali ke sekolah, misalnya apa hal yang menarik yang akan anak lakukan ketika bersekolah nanti.

Orang tua juga perlu menormalisasi perasaan cemas atau khawatir anak soal kembali ke sekolah. Dengan begitu, anak akan memahami bahwa perasaan seperti itu adalah wajar dan dapat diatasi.

Cara ketiga adalah menumbuhkan kembali perasaan sense of belonging (keadaan saat seseorang merasa memiliki sesuatu) bahwa anak adalah bagian dari sekolah. Itu akan membuat anak merasa perlu kembali ke sekolah untuk mempelajari hal baru, baik secara akademik maupun sosial.

Kiat lain ialah dengan memastikan segala kebutuhan anak telah disiapkan, mulai dari seragam hingga peralatan sekolah. Dengan begitu, anak merasa bahwa kebutuhannya untuk kembali bersekolah telah terpenuhi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement