Senin 01 May 2023 17:03 WIB

Kiat Bangun Jejaring untuk Pengembangan Karier

Menentukan apa yang Anda inginkan adalah langkah penting untuk karier.

Saat berjejaring, Anda harus profesional mulai dari gaya berpakaian hingga datang ke acara tepat waktu. /ilustrasi
Foto: bananatechs.com
Saat berjejaring, Anda harus profesional mulai dari gaya berpakaian hingga datang ke acara tepat waktu. /ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Membangun relasi yang baik merupakan hal penting untuk karier Anda, sebab Anda bisa mendapatkan akses ke sumber daya, pendanaan, atau nasihat yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Berikut ini adalah tips berjejaring yang efektif untuk kemajuan karier, sebagaimana disiarkan MakeUsOf belum lama ini.

Baca Juga

Tentukan tujuan

Menentukan apa yang Anda inginkan adalah langkah penting dalam usaha apa pun, termasuk berjejaring. Hal ini akan membantu Anda menentukan tindakan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Jika tanpa tujuan, kemungkinan Anda hanya akan bisa membangun relasi yang sedikit atau bahkan tidak ada nilainya.

 

Keluar dari zona nyaman

Berjejaring mungkin akan tampak mengintimidasi, terutama jika Anda adalah individu yang pemalu atau introvert. Namun, Anda tetap harus memberanikan diri untuk mengirim pesan, menjadi sukarelawan sebuah acara, atau mengobrol dengan pakar industri di sebuah seminar.

Belajarlah untuk memulai dan mengarahkan obrolan ke arah yang Anda inginkan. Meski terasa tidak nyaman pada awalnya, ingatlah bahwa membangun jaringan adalah keterampilan yang membutuhkan waktu agar bisa berkembang.

 

Bersikap baik

Saat berjejaring, Anda harus profesional mulai dari gaya berpakaian hingga datang ke acara tepat waktu. Pastikan juga untuk menghormati semua orang, terlepas dari gelar mereka. Hargai apa yang mereka katakan dan perspektif mereka tentang topik yang sedang dibicarakan.

 

Tawarkan nilai

Menawarkan nilai adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan. Misalnya, Anda dapat memperkenalkan mereka dengan seseorang yang mungkin memiliki apa yang mereka butuhkan.

Anda juga bisa menunjukkan keterampilan Anda dengan menawarkan diri membantu mereka dalam suatu proyek. Jika mereka terkesan, mungkin saja mereka akan merekomendasikan Anda ke orang lain.

 

Gunakan media sosial

Saat ini, Anda bisa menggunakan banyak aplikasi untuk terhubung dengan orang-orang. Namun, apapun platform media sosialnya, Anda harus membuat profil yang benar-benar mencerminkan diri Anda.

Kemudian, Anda dapat bergabung dengan grup yang berkaitan dengan industri yang sedang digeluti, mengikuti para influencer dan pemimpin terkemuka di bidang Anda, dan berpartisipasi dalam obrolan di bidang Anda.

 

Tetaplah berhubungan

Anda harus mempertahankan hubungan yang sudah dijalin. Anda dapat mengundang mereka makan siang atau sekadar berinteraksi di unggahan media sosial mereka. Pilihan apa pun yang Anda buat akan memperkuat persahabatan yang sedang berkembang.

Anda juga bisa meminta mereka menuliskan rekomendasi tentang Anda di platform pencari kerja. Hal ini tentu bisa mendatangkan kemajuan karier bagi Anda.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement