Jumat 28 Apr 2023 22:26 WIB

Susah Tidur? Kebiasaan Buruk Jelang Tidur Ini Mungkin Sering Anda Lakukan

Jangan main ponsel setidaknya dua jam sebelum tidur.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Kebiasaan tidur dengan ponsel dapat menyebabkan susah tidur (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Kebiasaan tidur dengan ponsel dapat menyebabkan susah tidur (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika sering mengalami kesulitan tidur, artinya Anda tahu persis betapa frustrasinya menghabiskan malam. Meski telah mencoba banyak cara untuk bisa tidur, sering kali upaya tersebut tidak berhasil.

Anda perlu tahu, yang memainkan peran penting adalah kebiasaan sehari-hari. Termasuk diet, olahraga, manajemen stres, cara kita bekerja, dan cara Anda menghabiskan waktu luang. Semua itu berkontribusi pada seberapa baik Anda tidur. Studi mengungkapkan kebiasaan terburuk untuk tidur adalah menghabiskan malam di depan layar.

Baca Juga

Dokter yang biasa mengatasi gangguan tidur di Virginia Mason Medical Center dr Brandon R Peters mengatakan, salah satu alasan utama mengapa aktivitas di depan layar menyebabkan masalah tidur karena itu menimbulkan respons emosional. “Jika Anda merasa kesal, kesal, atau cemburu, ini tidak akan memudahkan transisi untuk tidur,” kata Peters, dikutip dari laman Parade, Jumat (28/4/2023).

Anda mungkin berpikir berbaring di tempat tidur ditemani ponsel sambil menggulir media sosial tidak ada artinya. Namun, menurut pendapat Peters, ada peluang apa yang Anda lihat membuat Anda merasakan hal tertentu. Terlebih, jika Anda mengikuti outlet berita di media sosial dan berita utama yang muncul di feed.

Alasan lain mengapa menggunakan media sosial sebelum tidur dapat mengganggu tidur karena sifatnya yang membuat ketagihan. Peters menyebut banyak aktivitas memicu kesenangan yang mengarah pada keterlibatan yang terus-menerus. Misalnya Tiktok yang membuat Anda ketagihan yang membuat aplikasi membuat batas waktu untuk pengguna di bawah 18 tahun.

“Rata-rata, orang dewasa membutuhkan tujuh hingga sembilan jam tidur untuk istirahat. Jika di penghujung hari mereka melompat ke layar untuk melepas lelah dan aktivitas ini menjadi terlalu lama, ini dapat mengurangi kesempatan tidur semalaman mereka,” ujarnya.

Selain media sosial, layanan streaming juga dirancang untuk membuat Anda tetap terpikat. Oleh karena itu, sangat mudah untuk menonton beberapa episode acara sebelum tidur saat Anda bersumpah pada diri sendiri bahwa Anda hanya akan menonton satu episode.

Secara umum, Peters merekomendasikan untuk memotong waktu layar dua jam sebelum tidur jika itu mengganggu tidur Anda. “Sebagai aturan umum, yang terbaik adalah memilih aktivitas yang agak membosankan sebelum mulai tidur,” kata dia.

Dia juga menganjurkan untuk mendengarkan musik yang menenangkan atau suara alam, menggunakan malam hari sebagai waktu untuk berdoa atau meditasi, peregangan ringan, atau membaca majalah cetak atau buku. Menjaga rutinitas malam dan tidur pada waktu yang sama setiap malam juga dapat membantu.

“Rutinitas waktu tidur yang konsisten dapat mempersiapkan diri secara mental untuk tidur. Ini mengarah pada respons terkondisi dengan antisipasi alami saat tidur mendekat," kata dia.

Jika Anda terbiasa menggunakan ponsel tepat sebelum tidur, Peters merekomendasikan untuk menyimpannya di dapur untuk menghindari godaan untuk menggunakannya pada malam hari. Ini mungkin berarti harus membeli jam alarm jika Anda terbiasa menggunakan alarm di ponsel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement