Kamis 27 Apr 2023 09:27 WIB

Peduli Kesehatan dan Lingkungan, Gen Z Amerika Banyak yang Pilih Jadi Vegan

ada tahun 2030, pasar produk vegan diperkirakan akan bernilai 37,45 miliar dolar AS

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Justin Whitkin, tengah, dan Elizabeth Boileau, kanan, berbelanja untuk produk di Clementine Bakery di wilayah Brooklyn di New York. Kafe vegan yang populer sekarang menyerupai pasar petani kecil setelah pemiliknya menghapus meja kafe dan menggantinya dengan satu meja besar yang menampilkan buah dan sayuran segar yang dapat dibeli oleh pelanggan.
Foto: AP / Kathy Willens
Justin Whitkin, tengah, dan Elizabeth Boileau, kanan, berbelanja untuk produk di Clementine Bakery di wilayah Brooklyn di New York. Kafe vegan yang populer sekarang menyerupai pasar petani kecil setelah pemiliknya menghapus meja kafe dan menggantinya dengan satu meja besar yang menampilkan buah dan sayuran segar yang dapat dibeli oleh pelanggan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di Amerika Serikat (AS), keberhasilan pola makan vegan di kalangan generasi muda yang lahir antara tahun 1997 dan 2002 mungkin tidak hanya didorong oleh alasan estetika. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa mayoritas Gen Z menjadi vegan untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik.

Pada tahun 2030, pasar produk vegan diperkirakan akan bernilai 37,45 miliar dolar AS, menurut perkiraan Grand View Research, yang mencakup negara-negara seperti Prancis, Amerika Utara, Meksiko, Jerman, Italia, Tiongkok, Jepang, Spanyol, India, Korea Selatan, Australia, Afrika Selatan, Brasil, Inggris, dan Kanada.

Meskipun diperkirakan bahwa populasi vegan sekitar 6 persen di seluruh dunia, menurut studi pasar oleh Euromonitor, Amerika Utara adalah masa depan veganisme dalam waktu dekat. Menurut Grand View Research, wilayah ini akan menyumbang lebih dari 35 persen pendapatan yang dihasilkan oleh produk vegan pada tahun 2021. 

Segmen ini diminati oleh sejumlah besar orang yang tidak toleran terhadap laktosa, tetapi juga oleh populasi yang semakin peduli terhadap kesejahteraan hewan.

 

Namun, meskipun mungkin tampak logis untuk menyatakan bahwa alasan etis dapat menjelaskan popularitas pola makan vegan, generasi muda Amerika, yang lahir antara tahun 1997 dan 2022 atau dikenal sebagai Gen Z tampaknya lebih tertarik pada manfaat kesehatan ketika memutuskan untuk menjadi vegan. Ini adalah kesimpulan mengejutkan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Medical Inspiration Daily For Stronger Society (MIDSS), seperti dilansir dari Malay Mail, Kamis (27/4/2023).

Setengah (52,1 persen) dari 2.101 responden vegan yang disurvei pada bulan Maret mengikuti pola makan ini untuk menjaga kesehatan mereka. Gen Z Amerika jelas menyadari bahwa dengan menghilangkan protein hewani dari piring mereka, mereka mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular atau penyakit kronis seperti diabetes.

Sementara itu, hanya 17,1 persen yang mengikuti pola makan vegan karena alasan lingkungan, dan hanya 16,9 persen yang tidak ingin makan produk hewani. Hal ini menyoroti kontras penting antara alasan yang mendorong sejumlah besar konsumen muda untuk menjadi vegan dan citra yang diasosiasikan oleh sepertiga non-vegan dengan veganisme, yaitu perlindungan terhadap hewan.

Meskipun sepertiga dari vegan Gen Z telah menjadi vegan selama dua tahun, dan lebih dari 20 persen telah menjadi vegan selama tiga tahun atau lebih, lebih dari 70 persen berencana untuk tetap menjadi vegan setidaknya selama lima tahun ke depan. Menurut MIDSS, Gen Z adalah kekuatan pendorong untuk membuat konsumen lain mengikuti jejak mereka.

Dalam hal ini, vegan muda Gen Z berpikir bahwa manfaat kesehatan dari pola makan vegan adalah insentif terbesar bagi orang-orang untuk beralih, sementara hanya 10,36 persen yang berpikir bahwa argumen lingkungan dapat menjadi insentif utama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement