Senin 24 Apr 2023 15:00 WIB

Vape Bisa Picu Penyakit Gusi dan Kerusakan Gigi

Vape memiliki dapak buruk pada kesehatan gigi dan gusi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Aneka varian cairan rokok elektrik (vape). Ada sejumlah bahaya tersembunyi yang mengintai pengguna vape, termasuk penyakit gig dan gusi..
Foto:

Sebab, penyebab yang memicu efek pewarnaan itu adalah nikotin. Jika khawatir gigi bernoda, disarankan sama sekali menghindari rokok maupun rokok elektrik.

Efek lain dari rokok elektrik adalah perubahan komposisi bakteri. Mahmood menginformasikan bahwa beberapa penelitian menunjukkan bahwa aerosol dari rokok elektrik dapat menyebabkan peningkatan hampir empat kali lipat perlengketan mikroba ke enamel gigi.

"Rokok elektrik dengan rasa buah yang manis bahkan lebih buruk karena memiliki struktur kimia yang mirip dengan permen dan minuman manis dan menempel di gigi lebih lama, menyebabkan kerusakan gigi," tuturnya.

Bagi orang yang tengah berusaha untuk berhenti merokok atau mengisap rokok elektrik, disarankan berkonsultasi dengan dokter untuk langkah-langkahnya. Mahmood juga merekomendasikan untuk mencoba opsi lain yang tidak tertelan atau terhirup, seperti patch nikotin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement