Senin 24 Apr 2023 13:52 WIB

Masih Liburan, Begini Cara Jaga Kesehatan Diri dan Keluarga

Makan sehat selama liburan akan membantu menurunkan risiko penyakit.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Sering-seringlah mencuci tangan untuk membantu mencegah penyebaran kuman dan virus. Dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir minimal 20 detik. (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Sering-seringlah mencuci tangan untuk membantu mencegah penyebaran kuman dan virus. Dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir minimal 20 detik. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Periode libur Lebaran masih berlanjut. Sebagian keluarga sedang berada di kampung halaman, sementara sebagian lain mungkin berwisata ke destinasi setempat. Di mana pun berada, menjaga kesehatan diri dan keluarga tetap jadi prioritas utama.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) memberikan sejumlah kiat agar periode liburan bisa dilalui keluarga dengan aman dan nyaman. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan, dikutip dari laman CDC, Senin (24/4/2023).

Baca Juga

 

- Tetap jaga higienitas

Pandemi Covid-19 mungkin saja sudah mereda, tapi menjaga higienitas tetap penting. Sering-seringlah mencuci tangan untuk membantu mencegah penyebaran kuman dan virus. Dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir minimal 20 detik.

 

- Makan sehat dan tetap aktif

Makan sehat selama liburan, seperti menyantap buah dan sayuran, akan membantu menurunkan risiko penyakit. Batasi porsi makanan tinggi lemak, garam, dan gula. Selain itu, disarankan aktif bergerak setidaknya 2,5 jam sepekan bagi orang dewasa serta setidaknya satu jam sehari untuk anak dan remaja.

 

- Siapkan makanan dengan aman

Ingat langkah-langkah sederhana tentang higienitas. Saat mengolah makanan, pastikan tangan dan berbagai peralatan benar-benar bersih untuk menghindari kontaminasi silang. Masak makanan pada suhu yang sesuai atau segera simpan makanan di lemari es.

 

- Memantau anak-anak

Jauhkan mainan, makanan, minuman, barang-barang rumah tangga, dan benda-benda lain yang berpotensi berbahaya dari jangkauan anak-anak. Apabila menghabiskan waktu liburan dengan pergi ke tempat wisata, lindungi mereka dari risiko tenggelam, luka bakar, jatuh, dan potensi kecelakaan lainnya.

 

- Keselamatan di perjalanan

Selalu pastikan anak mengenakan sabuk pengaman dengan benar di kendaraan. Jika memakai kursi khusus di mobil pribadi, sesuaikan dengan tinggi, berat badan, dan usianya. Kencangkan sabuk pengaman setiap saat, tidak peduli seberapa singkat perjalanannya.

 

- Kenakan pakaian yang sesuai

Selalu kenakan pakaian yang sesuai dengan iklim. Apabila banyak beraktivitas di luar ruang dengan cuaca panas, pakai busana dengan lapisan tipis dan menyerap keringat. Sementara, jika cuaca berhujan, jangan lupakan mantel dan sepatu bot tahan air.

 

- Kelola stres

Beri diri sendiri jeda sejenak jika mulai merasa stres, kewalahan, dan tidak terkendali selama masa liburan berlangsung. Beberapa cara terbaik untuk mengelola stres adalah mencari dukungan orang lain, terhubung secara sosial, dan memiliki waktu tidur yang cukup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement