Rabu 19 Apr 2023 09:14 WIB

Bersin Terus-menerus Saat Pagi Hari, Ini Dia Penyebabnya

Kebanyakan orang mengeluh bersin terus-menerus saat bangun tidur.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Bersin (ilustrasi). Kebanyakan orang mengeluh bersin terus-menerus saat bangun tidur dan ada beberapa faktor yang memicu fenomena ini.
Foto: www.freepik.com
Bersin (ilustrasi). Kebanyakan orang mengeluh bersin terus-menerus saat bangun tidur dan ada beberapa faktor yang memicu fenomena ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda sering bersin-bersin saat bangun tidur pada pagi hari? Apakah bersin tersebut baru berhenti setelah beberapa waktu berlalu?

Anda tidak sendirian. Kebanyakan orang mengeluh bersin terus-menerus saat bangun tidur dan ada beberapa faktor yang memicu fenomena ini. Dr Anamika Rathore, Ahli Bedah THT di Rumah Sakit Bhatia India, dr Anamika Rathore, mengatakan bersin merupakan respons kuat untuk mengeluarkan iritasi dari lubang hidung.

Baca Juga

"Ketika tidur, kita terpapar berbagai alergen seperti tungau debu, polutan udara, serat dari selimut, spora jamur, makanan serangga kecil, kecoa, dan lain-lain,” kata dr Rathore seperti dilansir laman India Today, Rabu (19/4/2023).

Ketika ada paparan yang terlalu lama terhadap iritasi ini pada malam hari, hal ini menyebabkan peradangan pada lubang hidung dan saat kita bangun, sering kali bersin untuk mengeluarkan polutan. "Itu adalah mekanisme alami untuk mengatur ulang gerakan silia lendir. Kita juga terpapar serbuk sari di pagi hari karena kandungannya tinggi di atmosfer, yang menyebabkan bersin," ujar dr Rathore.

 

Kepala Pulmonology di CK Birla Hospital India, dr Kuldeep Kumar Grover, mengatakan bersin-bersin pada pagi hari sebenarnya sangat penting karena itu menjadi cara tubuh untuk membersihkan hidung. Fenomena ini secara medis disebut rinitis alergi yang menyebabkan hipersensitivitas terhadap tungau debu, polutan udara, dan spora jamur.

“Jika kita bersin, itu berarti ada sesuatu di saluran napas seperti partikel debu, asap, atau partikel asing lainnya yang ada di hidung atau area nasofaring di belakang hidung," kata dr Grover.

Faktor lain yang penting dan lebih umum adalah perubahan suhu. Dr Rathore menggarisbawahi bahwa saat tidur kita berada di lingkungan yang hangat dan nyaman, saat bangun tidur, kita tiba-tiba terpapar suhu yang lebih dingin.

“Hal ini dapat menyebabkan serangan bersin. Selain itu, tidur di ruangan ber-AC dapat menyebabkan paparan udara kering yang mengarah pada pembentukan kerak dan hal ini menyebabkan keluarnya kerak melalui bersin. Faktor-faktor ini lebih memengaruhi orang ketika mereka menderita sinusitis atau masalah hidung lainnya,” ujar dr Rathore.

Faktor lain yang dapat memicu bersin adalah refleks bersin fotik. Kondisi ini menyebabkan bersin saat terpapar cahaya terang atau sinar matahari dan sulit untuk dikendalikan.

Lantas bagaimana cara kita menghindari bersin terus-menerus pada pagi hari? Dr Rathore mengatakan, seseorang dapat menghindari paparan dingin secara tiba-tiba saat bangun tidur dengan mematikan AC atau kipas angin dan menutup hidung. Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa kasur dan seprai atau sarung bantal bersih dan tidak menjadi penyebab alergi.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement