Kamis 20 Apr 2023 12:05 WIB

Jangan Lakukan Ini Jika Pesawat Alami Turbulensi, Bisa Berujung Fatal

Ada kalanya pesawat mengalami turbulensi selama penerbangan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Kursi pesawat (ilustrasi). Ada kalanya pesawat mengalami turbulensi saat penerbangan.
Foto: www.freepik.com
Kursi pesawat (ilustrasi). Ada kalanya pesawat mengalami turbulensi saat penerbangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang pilot mengungkapkan ada kesalahan umum yang dilakukan penumpang pesawat saat turbulensi melanda. Bahkan, kesalahan ini berpotensi merenggut nyawa.

Dikutip dari The Sun, Kamis (20/4/2023), pilot yang enggan disebutkan namanya itu mengatakan kesalahan pertama adalah menyimpan barang apapun yang mudah terlepas di kantong kursi depan. Barang apa pun yang tidak disimpan dengan aman bisa menjadi bahaya.

Baca Juga

"Apa pun yang lepas bisa menjadi rudal dan menyebabkan cedera parah," kata dia.

Saat pesawat mengalami turbulensi, penumpang harus mengencangkan sabuk pengaman. Jika tidak, mereka berisiko membuat kepalanya terbentur.

 

"Saya telah melihat video orang-orang yang tidak mengenakan ikat pinggang yang dikencangkan dengan aman. Ini dapat membuat kepala mereka terbentur ke atap pesawat. Lampu dan port AC terbukti sangat menyakitkan," ujar dia.

Jika guncangan lebih parah, ada baiknya meletakkan minuman panas di bawah. Pramugari juga akan berhenti menghidangkan minuman panas ketika itu terjadi.

Mereka akan mengencangkan ikatan troli minuman dan memastikan barang yang mudah lepas lainnya di kabin tetap aman. Penumpang juga akan diminta untuk tidak menggunakan toilet selama terjadi turbulensi.

Ini bukan pertama kalinya pilot membagikan beberapa nasihat saat penerbangan. Seorang pilot veteran mengungkapkan hal yang sebenarnya terjadi di kokpit saat pesawat mengalami turbulensi dan alasan hal itu tidak selalu bisa dihindari.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement