Senin 17 Apr 2023 22:29 WIB

Pemicu Alergi Anak Bisa Dilacak dengan Cara Ini

Orang tua perlu telaten untuk mengenali pemicu alergi pada anak.

Anak makan ikan (ilustrasi). Cara sederhana untuk mengetahui pemicu alergi anak ialah dengan mencatat makanan yang dimakan dan gejala yang timbul setelah makan.
Foto: Republika/Amin madani
Anak makan ikan (ilustrasi). Cara sederhana untuk mengetahui pemicu alergi anak ialah dengan mencatat makanan yang dimakan dan gejala yang timbul setelah makan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Curiga anak Anda menderita alergi? Untuk membuktikan pemicu alergi, cobalah buat catatan harian.

"Yang paling sederhana adalah kita amati sendiri makanan apa yang dimakan lalu menimbulkan alergi. Bisa bikin catatan harian, misalnya selama seminggu atau dua pekan, hari itu makan apa, timbul gejala apa," kata ahli alergi imunologi anak Prof Dr dr Zakiudin Munasir SpA(K) dalam diskusi daring, dikutip Senin (17/4/2023).

Baca Juga

Zaki mengatakan, cara tersebut bisa dilakukan jika belum sempat melakukan tes alergi atau tinggal di daerah yang tidak ada akses untuk melakukan tes tersebut. Catat makanan yang dimakan dan gejala yang timbul setelah makan.

Selain itu, Zaki mengatakan penting juga untuk mencatat obat yang sedang dikonsumsi. Hal ini bertujuan untuk mencegah kesalahan dalam menentukan pencetus alergi.

 

"Misalnya, anak kita lagi flu, kita beri obat flu yang mengandung antihistamin. Kalau anaknya sedang minum antihistamin dan kita beri dia makanan ya tidak akan timbul (gejala alergi)," ujar pakar dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RS Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) ini.

Antihistamin sendiri merupakan kelompok obat yang biasa digunakan untuk meredakan gejala reaksi alergi seperti hidung tersumbat, bersin, batuk, hingga ruam pada kulit. Saat mengamati pencetus alergi pada anak secara, Zaki pun mengingatkan agar orang tua melakukannya dengan telaten.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement