Senin 17 Apr 2023 22:29 WIB

Pemicu Alergi Anak Bisa Dilacak dengan Cara Ini

Orang tua perlu telaten untuk mengenali pemicu alergi pada anak.

Anak makan ikan (ilustrasi). Cara sederhana untuk mengetahui pemicu alergi anak ialah dengan mencatat makanan yang dimakan dan gejala yang timbul setelah makan.
Foto:

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengetahui pencetus alergi ialah dengan menjalani skin prick test. Dokter akan meneteskan beberapa jenis cairan alergen pada lengan kemudian kulit lengan akan ditusuk jarum sehingga alergen masuk ke bawah permukaan kulit lalu kadar imunoglobulin E (IgE) spesifik dalam darah akan diukur.

Jika masih ragu dengan hasil tes alergi, Zaki menganjurkan untuk melakukan uji eliminasi dan provokasi. Caranya ialah dengan membatasi makanan yang dicurigai sebagai pemicu alergi.

"Kita pantang makanan yang kita curigai, kemudian sekitar dua mingguan, kita tantang dengan memberikan makanan tadi, bagaimana reaksinya? Tapi ini tidak boleh dilakukan sendiri karena bahaya kalau reaksinya berat, jadi lakukan di rumah sakit oleh dokternya agar bisa diawasi," kata Zaki.

Penyebab alergi tidak selalu dari makanan. Alergen bisa juga dari lingkungan seperti bulu hewan, cuaca, debu, hingga gigitan serangga.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement