Ahad 16 Apr 2023 06:55 WIB

Psikolog Ungkap Faktor Penyebab Remaja Berani Melakukan Hubungan Seksual

Banyak faktor yang membuat anak berani melakukan hubungan seksual di usia remaja.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang remaja putri membawa peraga kampanye pada Kick Off Gerakan Pencegahan Perkawinan Anak di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (30/1/2020). Kasus seks bebas di kalangan remaja merupakan masalah besar menurut psikolog.
Foto:

Lia menyebut anak remaja melakukan hubungan seksual sebelum waktunya dan di luar nikah juga karena tidak memiliki nilai spiritual. Lalu, bagaimana sebaiknya cara memberikan pendidikan seksualitas Ia mengatakan edukasi bisa dilakukan secara rutin agar informasi yang masuk pada otak anak bisa semakin kuat.

"Dengan adanya edukasi, diharapkan anak memahami bahaya seks bebas," ujarnya.

Selain edukasi, perlu adanya pendampingan yang rutin dari guru bimbingan konseling di sekolah. Misalnya dengan membuat program konseling rutin.

Selain itu, perlu adanya sistem konsekuensi yang jelas dari pihak sekolah terkait siswa yang melakukan seks bebas. Dan konsekuensi ini sebaiknya disosialisasikan pada anak anak.

Konsekuensi yang disosialisasikan ini adalah sebagai sistem kontrol dari sekolah. Tak hanya itu, menurut Lia, juga perlu adanya program keagamaan yang menarik untuk menanamkan nilai spiritual pada anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement