Jumat 14 Apr 2023 04:23 WIB

Daftar Wisata Halal di Hong Kong, Turis Muslim Bisa Baca Dulu Sebelum Traveling

Hong Kong Disneyland merupakan satu-satunya Disneyland yang dilengkapi mushola.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Hong Kong Disneyland (ilustrasi). Hong Kong Disneyland menjadi salah satu destinasi wisata ramah Muslim di Hong Kong. Hong Kong DIsneyland menjadi satu-satunya Disneyland yang dilengkapi mushola.
Foto: Hong Kong Tourism Board
Hong Kong Disneyland (ilustrasi). Hong Kong Disneyland menjadi salah satu destinasi wisata ramah Muslim di Hong Kong. Hong Kong DIsneyland menjadi satu-satunya Disneyland yang dilengkapi mushola.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak negara yang saat ini mempunyai program wisata halal. Program tersebut sangat memudahkan para pelancong Muslim untuk berwisata. Salah satu yang menerapkannya adalah Hong Kong.

Ada beragam destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan oleh pelancong Muslim. Berikut daftarnya dari data Hong Kong Tourism Board:

Baca Juga

1. Jamia Mosque

Jamia Mosque terletak di area pemukiman Mid-Levels dengan dekorasi dan bangunan yang indah. Jamia Mosque merupakan masjid pertama di Hong Kong yang dibangun pada tahun 1840-an dan dilanjutkan pada 1915.

 

Tidak hanya sebagai tempat ibadah, masjid ini juga merupakan bangunan bersejarah yang berdiri di atas lahan seluas satu hektare yang ditumbuhi pepohonan. Siapa pun bisa mengunjungi Masjid Jamia, termasuk mereka yang non Muslim.

2. Islamic Centre Canteen

Berlokasi di jantung Wan Chai, Hong Kong, Islamic Centre Canteen adalah tempat yang populer untuk menikmati hidangan halal dan dim sum. Di sana juga terdapat Masjid Ammar and Osman Ramju Sadick Islamic Centre yang merupakan kantor pusat dari Incorporated Trustees of the Islamic Community Fund of Hong Kong dan Hong Kong Islamic Youth Association.

Masjid ini secara rutin mengadakan workshop setiap akhir pekan dan mengadakan kelas membaca Alquran dengan baik dan benar bagi orang-orang yang baru memeluk agama Islam. Terkadang, masjid ini menerima kunjungan tur atau field trips untuk siswa sekolah atau universitas.

3. Kowloon Mosque

Terletak di Nathan Road, area bisnis yang ramai, masjid seluas 16 ribu kaki persegi ini memiliki kapasitas 3.500 jamaah sekaligus. Masjid Kowloon ini juga terbuka untuk pengunjung non Muslim.

4. Halal KFC

Hong Kong memiliki dua restoran KFC bersertifikat Halal. Satu restoran berlokasi di Chuang London Plaza (area Jordan) yang dibuka pada 4 November 2022. Satunya lagi terletak di Nathan Road 548 (area Mongkok) yang baru saja buka pada 13 Januari 2023. Hal ini menunjukkan keseriusan para pemangku kepentingnan di Hong Kong dalam melayani kebutuhan komunitas Muslim.

5. Hong Kong Disneyland yang ramah Muslim

Hong Kong Disneyland memiliki tujuh area dengan tema berbeda, lebih dari 100 atraksi dan sajian hiburan, parade karakter-karakter Disney, serta tiga hotel dengan tema yang berbeda untuk pengalaman yang tak terlupakan bersama keluarga. Hong Kong Disneyland juga memiliki kastil baru yang terinspirasi dari 14 Disney Princess yang berbeda.

Hong Kong Disneyland merupakan satu-satunya Disneyland yang dilengkapi dengan mushola. Selain itu, makanan halal juga tersedia di Tahitian Terrace. Seluruh hidangan daging di Tahitian Terrace telah disertifikasi oleh Incorporated Trustees of the Islamic Community Fund of Hong Kong.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement